Musim Panas 2023 Tercatat Sebagai yang Terpanas dalam 2.000 Tahun Terakhir di Belahan Bumi Utara

JAKARTA - Analisis terbaru dari Universitas Cambridge menunjukkan bahwa musim panas 2023 adalah yang terpanas dalam 2.000 tahun terakhir di belahan bumi utara. Umat manusia belum pernah merasakan cuaca yang lebih panas sejak awal Kekaisaran Romawi dan kelahiran Yesus Kristus, menurut penelitian terbaru tersebut.

Secara keseluruhan, musim panas tahun lalu 2,2°C lebih panas di daratan dibandingkan dengan suhu rata-rata antara tahun 1 Masehi dan 1890 Masehi, ketika revolusi industri sedang berlangsung, yang melepaskan sejumlah besar gas rumah kaca, sumber pemanasan iklim, ke atmosfer.

Musim panas 2023 juga hampir 4°C lebih panas daripada musim panas terdingin pada tahun 536 Masehi, ketika awan abu dari letusan gunung berapi diduga menyebabkan suhu turun drastis.

"Ketika Anda melihat rentang sejarah yang panjang, Anda bisa melihat betapa dramatisnya pemanasan global belakangan ini," kata co-author Profesor Ulf Büntgen dari Departemen Geografi Universitas Cambridge.

Namun musim panas di Inggris tahun lalu dianggap biasa oleh Met Office dan hanya yang kedelapan terpanas dalam catatan mereka. Tahun 2022 dan 2018 adalah musim panas terpanas bersama di Inggris.

Catatan cuaca yang andal mulai dihasilkan oleh instrumen ilmiah hanya ada sejak tahun 1850 ketika revolusi industri mulai berlangsung. Tetapi dengan menganalisis cincin pohon, para ilmuwan dapat menghitung seberapa panas musim panas berdasarkan pertumbuhan cincin pohon dan komposisi kimia kayu.

Pohon memiliki periode pertumbuhan yang lebih sempit – menciptakan cincin yang lebih sempit – selama periode dingin dan cincin yang lebih lebar selama periode panas.

Bumi mengalami musim panas terpanas sepanjang masa ketika rekor panas di bulan Agustus menutup tiga bulan brutal dan mematikan di belahan bumi utara.  

Masyarakat Inggris mungkin sulit mempercayai rekor baru ini karena negara tersebut dilanda udara dingin dan hujan sepanjang musim panas lalu, meskipun ada gelombang panas di daratan Eropa.  

Para peneliti menulis bahwa  dengan memperhitungkan variasi iklim alami sekitar 0,5°C, 2023 masih merupakan musim panas terpanas sejak puncak Kekaisaran Romawi.

Menurut Profesor Büntgen, panas tersebut adalah hasil kombinasi dari tingkat rekor gas rumah kaca dan peristiwa cuaca El Nino.

"2023 adalah tahun yang sangat panas, dan tren ini akan terus berlanjut kecuali kita mengurangi emisi gas rumah kaca secara drastis," kata  Profesor Büntgen.

Namun, hasil yang dilaporkan dalam jurnal Nature juga menunjukkan bahwa upaya untuk membatasi Pemanasan global berdasarkan Perjanjian Paris 2015 untuk membatasi pemanasan hingga 1,5°C di atas tingkat pra-industri mungkin sudah terlampaui.

Para peneliti menghitung bahwa baseline suhu abad ke-19 yang digunakan sebagai patokan untuk mengukur pemanasan global bisa jadi beberapa persepuluh derajat Celsius lebih dingin dari yang diperkirakan sebelumnya.

Atas dasar itu, para peneliti menghitung bahwa kondisi musim panas 2023 di Belahan Bumi Utara 2,07°C lebih hangat dibandingkan dengan suhu rata-rata musim panas antara tahun 1850 dan 1900, berbeda dengan pandangan yang diterima saat ini bahwa pemanasan global berjalan pada 1,4°C lebih tinggi dari baseline abad ke-19.

Para peneliti mengatakan bahwa meskipun hasil mereka valid untuk Belahan Bumi Utara, tidak termasuk daerah tropis, sulit untuk mendapatkan rata-rata global untuk periode yang sama karena data yang sedikit untuk Belahan Bumi Selatan.

Belahan Bumi Selatan juga merespon perubahan iklim secara berbeda, karena lebih banyak tertutup oleh laut dibandingkan Belahan Bumi Utara.