Ilmuwan Cina Rekayasa Bagian dari Virus Ebola, Tewaskan Kelompok Hamster

JAKARTA - Sekelompok ilmuwan di Universitas Medis Hebei, Cina, telah merekayasa virus yang mengandung bagian dari Ebola di laboratorium yang menewaskan sekelompok hamster.

Para peneliti menggunakan penyakit menular pada ternak dan menambahkan protein yang ditemukan pada Ebola, yang memungkinkan virus tersebut menginfeksi sel dan menyebar ke seluruh tubuh manusia.

Menurut penelitian itu, hamster yang menerima suntikan mematikan tersebut 'mengembangkan penyakit sistemik parah mirip dengan yang diamati pada pasien Ebola manusia,' termasuk kegagalan multi-organ.

Salah satu gejala mengerikan yang terlihat adalah hamster yang terinfeksi mengembangkan sekresi di mata mereka, yang mengganggu penglihatan dan menutup permukaan bola mata.

Meskipun eksperimen ini mungkin memicu ketakutan akan kebocoran laboratorium lainnya, para peneliti mengatakan tujuan mereka adalah untuk menemukan model hewan yang tepat yang dapat meniru gejala Ebola dengan aman di laboratorium.

Penelitian ini menyarankan bahwa hamster yang terinfeksi dapat menjadi model yang layak untuk mempelajari penyebaran dan pengobatan Ebola di masa depan.

Ebola harus ditangani di fasilitas Biosafety Level 4 (BSL-4) yang merupakan laboratorium keamanan tinggi khusus, sementara banyak yang hanya BLS-2.

Untuk bekerja di lingkungan dengan keamanan lebih rendah, ilmuwan menggunakan virus berbeda yang disebut vesicular stomatitis virus (VSV), yang mereka rekayasa untuk membawa bagian dari virus Ebola yang disebut glikoprotein (GP) yang memainkan peran penting dalam membantu virus masuk dan menginfeksi sel inangnya.

Tim ini mempelajari lima hamster betina dan lima hamster jantan yang semuanya berusia tiga minggu.

Semua hamster betina menunjukkan penurunan suhu rektal dan kehilangan berat hingga 18 persen - semuanya mati antara dua dan tiga hari.

Lima hamster jantan kehilangan 15 persen berat badan dan menyerah pada penyakit ini tidak lebih dari tiga setengah hari. Namun, dua hamster jantan selamat dan bertambah berat badan hingga 20 persen lebih banyak daripada sebelum infeksi.

Tim ini memanen organ dari hewan yang mati, menemukan virus terkumpul di jantung, hati, limpa, paru-paru, ginjal, lambung, usus, dan jaringan otak. Tingkat tertinggi ditemukan di hati dan terendah di otak.

“Ini adalah tanda bahwa hamster Suriah berusia 3 minggu yang terinfeksi VSV-EBOV/GP memiliki kemungkinan memainkan peran dalam studi gangguan saraf optik yang disebabkan oleh EVD,” ungkap tim peneliti yang mempublikasikan hasil penelitian  di jurnal Cina Virologica Sinica.

Tim ini menyimpulkan bahwa hamster yang terinfeksi menunjukkan gejala yang cepat, hati syok, infeksi sistemik, dan mengembangkan penyakit sistemik parah yang mirip dengan yang diamati pada pasien EBOV manusia.

Mereka juga mencatat bahwa eksperimen ini memberikan evaluasi praklinis yang cepat terhadap tindakan penanggulangan medis terhadap Ebola di bawah kondisi BLS-2, menyimpulkan bahwa penelitian ini berhasil.

Para ahli telah mengkonfirmasi bahwa virus pernapasan – yang menyebar melalui batuk dan bersin – lebih mungkin menyebar luas melalui populasi.

Data yang dirilis pada bulan Maret mengungkapkan bahwa insiden kebocoran laboratorium terjadi setiap tahun dan termasuk pelepasan patogen yang dikendalikan seperti tuberkulosis dan antraks.

Namun, Dr. Richard Ebright, seorang ahli biologi kimia di Universitas Rutgers di New Jersey, mengatakan  bahwa tidak mungkin kebocoran laboratorium yang melibatkan VSV akan menyebabkan infeksi luas di masyarakat.

'Ini  akan menjadi sangat penting untuk memverifikasi bahwa virus chimera baru ini tidak menginfeksi dan bereplikasi dalam sel manusia, dan tidak menimbulkan risiko infektivitas, transmisibilitas, dan patogenisitas pada manusia, sebelum melanjutkan dengan studi di tingkat keamanan hayati 2,” kata Ebright dikutip VOI dari DailyMail.com.