Alphabet Akan Mengumumkan Kemajuan AI di I/O Developer Event

JAKARTA -  Persaingan mesin kecerdasan buatan makin ketat. Setelah OpenAI merilis pembaruan terakhir dari ChtGPT4o, Senin 13 Mei, kini giliran pesaingnya Alphabet segera menyusul. Perusahaan induk  Google itu  diperkirakan akan mengumumkan bagaimana perusahaan ini mengembangkan kecerdasan buatan (AI) di seluruh bisnisnya pada Selasa, 14 Mei, atau sehari setelah OpenAI mendemonstrasikan model AI baru yang dapat bekerja dengan suara dan gambar selain teks.

Acara tahunan I/O developer biasanya menjadi ajang bagi Alphabet untuk memamerkan teknologi terbaru mereka. Apa pun yang akan diungkapkan nanti akan membantu investor mengevaluasi kemajuan Alphabet dibandingkan dengan OpenAI yang didukung oleh Microsoft.

Acara ini menjadi indikator penting posisi kompetitif Alphabet di bidang teknologi saat perusahaan ini memperkenalkan AI ke dalam produk seperti pencarian, yang digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia.

Google diharapkan meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi Android dan berbagai pembaruan untuk teknologi AI canggih mereka yang disebut Gemini. Sehari sebelum acara, Google menggoda publik dengan video yang menampilkan perangkat lunak AI yang tampaknya dapat menarik kesimpulan dari umpan langsung kamera. Operator telepon menanyakan beberapa pertanyaan dan aplikasi menjawab dengan suara seperti asisten virtual.

Perangkat lunak ini tampaknya memiliki kemampuan serupa dengan salah satu fitur yang ditunjukkan oleh OpenAI dalam peluncuran model AI terbaru mereka, GPT-4o. OpenAI pada  Senin memamerkan model AI multimodal baru mereka yang disebut GPT-4o, yang memungkinkan ChatGPT merespons melalui suara secara real-time dan dapat disela, dua ciri khas percakapan suara realistis yang sulit dihadapi oleh asisten suara AI seperti Google Assistant. Perusahaan tersebut mengatakan akan menawarkannya kepada pengguna ChatGPT secara gratis, tanpa iklan.

Konferensi ini diadakan di Shoreline Amphitheater di Mountain View, California. CEO Sundar Pichai dan eksekutif lainnya diharapkan mulai mempresentasikan pada pukul 10:00 pagi Waktu Pasifik.