Demi Capai Emisi Nol Bersih, Amazon Gunakan 50 Truk Listrik Tambahan untuk Kurangi Polusi

JAKARTA – Amazon masih berinvestasi pada kendaraan listrik dengan meluncurkan lebih dari 50 truk listrik baru. Peluncuran yang diumumkan pada Rabu, 7 Mei ini merupakan upaya untuk mencapai dekarbonisasi. 

Perusahaan itu mengatakan bahwa truk listrik tugas berat yang mereka hadirkan untuk pelanggan di California Selatan berperan penting dalam menjalani misi Amazon. Seluruh truk baru ini akan mengurangi polusi dengan emisi knalpot nol.

Amazon menjelaskan bahwa seluruh truk mereka akan mengangkut kontainer kargo dan paket pelanggan. Truk-truk listrik ini akan, "bergabung dengan ratusan van listrik jarak jauh yang telah mengirimkan paket ke seluruh negara bagian."

Truk listrik untuk tugas berat ini diperkirakan akan menempuh jarak lebih dari satu juta mil setiap tahunnya. Jika Amazon terus fokus pada penggunaan kendaraan listrik, perusahaan itu yakin bahwa mereka bisa mencapai target nol emisi di tahun 2040.

Udit Madan, Wakil Presiden Operasi Amazon Sedunia, mengatakan bahwa penerapan dekarbonisasi di area pengangkutan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, perusahaannya tetap berusaha dengan berinvestasi pada solusi pengurangan emisi.

"Kami akan menggunakan apa yang kami pelajari dari penggunaan kendaraan ini seiring kami terus mengidentifikasi dan berinvestasi dalam solusi untuk mengurangi emisi di jaringan transportasi kami dan untuk memberikan dampak keberlanjutan," kata Madan.

Beberapa truk listrik akan digunakan sebagai truk drayage atau truk pengangkutan laut. Truk ini akan beroperasi di pelabuhan Los Angeles dan Long Beach. Rencananya, Amazon akan menambahkan selusin truk lagi pada akhir tahun ini.

Truk lainnya akan ditempatkan di jarak menengah untuk memindahkan pesanan dari pusat pemenuhan Amazon, pusat penyortiran, fasilitas udara, dan stasiun pengiriman. Penggunaan truk listrik ini akan mendukung aksi iklim di California.