Cara Cek Keberangkatan Haji Secara Online Anti Ribet

YOGYAKARTA - Keberangkatan haji merupakan sebuah momen penting bagi umat Islam. Karena itulah penting untuk mengetahui bagai mana cara cek keberangkatan haji secara online.

Seperti yang kita tahu, antrean haji di negara kita memanglah panjang. Hal ini disebabkan karena ada lebih dari 5 juta calon jemaah yang melakukan pendaftaran haji. Di lain sisi, kuota haji di Indonesia hanya sekitar 211 ribu saja.

Dengan perbandingan tersebut, jemaah haji di Indonesia mesti menghadapi lama antrean haji, apalagi sampai puluhan tahun lamanya.

Nah, buat Kalian yang mau mengetahui macam mana langkah-langkah melaksanakan pengecekan keberangkatan ibadah haji tidak perlu cemas. Saat ini calon jemaah haji bisa memantau sendiri estimasi keberangkatan haji secara online.

Postingan ini bakal mangulas metode cek keberangkatan haji secara online dengan gampang serta instan.

Cara Cek Keberangkatan Haji Secara Online

Kementerian Agama (Kemenag) memberikan kemudahan buat melaksanakan pengecekan keberangkatan haji.

Kemudian, bagaimana metode mengetahui keberangkatan haji secara online? Ayo, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

I. Lewat Situs Haji Kemenag

Langkah kesatu Kalian bisa mengeceknya dengan metode mengakses web resmi Kementerian Agama, yakni:

  • Buka link haji kemenag.go.id.
  • Scroll ke bagian Estimasi Keberangkatan.
  • Masukkan no porsi yang Kalian miliki pada kolom yang ada. Centang "Im Not Robot"
  • Bila no sudah benar, klik cari.
  • Kalian bisa melihat informasi estimasi keberangkatan haji.

II. Pakai Aplikasi Pusaka

Tidak hanya lewat web resmi, Kementerian Agama pula telah sediakan satu aplikasi yang bisa digunakan buat mengetahui kapan keberangkatan ibadah haji Kalian.

Aplikasi bernama Pusaka ini, menampilan informasi terpaut keberangkatan haji Kalian dengan lebih perinci. Ayo, ikuti cara-caranya berikut ini:

Download aplikasi Pusaka pada Google Play (Android) serta App Store (iOS).

  • Sehabis ter-install, buka aplikasi tersebut.
  • Klik menu “Islam”
  • Pilih menu “Layanan Haji serta Umrah”
  • Berikutnya Ana dapat membuka “Estimasi keberangkatan”
  • Masukkan no jatah yang Kalian miliki pada kolom yang ada.
  • Klik “Cari No Porsi”

Data terpaut informasi estimasi keberangkatan bisa Kalian lihat. Data-data tersebut terdiri dari no porsi, nama jamaah, asal kabupaten/kota, posisi porsi pada kuota provinsi/kab/kota/khusus, kuota provinsi/kab/kota/khusus, perkiraan berangkat tahun masehi, serta perkiraan berangkat tahun hijriyah.

Cara Mengetahui Nomor Porsi Haji

Calon jemaah haji yang telah memperoleh no porsi, bisa mengecek sendiri estimasi keberangkatannya.

No porsi haji merupakan no identitas calon jemaah haji yang terdiri dari 10 digit angka serta bisa dilihat di berkas registrasi yang diterbitkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Kalian dapat memperoleh no porsi ini sehabis melaksanakan pendaftaran haji di penyelenggara ekspedisi ibadah haji serta melaksanakan pembayaran sebesar setoran awal haji di bank tempat Kalian membuka tabungan haji.

Tidak hanya jadi bukti setoran awal, no porsi pula jadi tanda kalau Kalian merupakan jemaah haji kuota Depag resmi (haji reguler).

Karena, haji plus ataupun khusus termasuk jamaah haji non-kuota sehingga tidak memperoleh no porsi.

Cara Cek Keberangkatan Haji Secara Offline

Kalian pula bisa mengetahui perkiraan jadwal keberangkatan Kalian secara offline dengan metode menanyakan langsung kepada agen travel perjalanan haji tempat Kalian melaksanakan pendaftaran.

Perkiraan keberangkatan cuma dihitung untuk jemaah yang belum batal ataupun belum berangkat. Selaku informasi, perkiraan keberangkatan bisa berubah sesuai perubahan kuota ataupun terdapatnya perubahan regulasi.

Buat itulah, pastikan Kalian senantiasa mengecek data secara berkala, terutama bila ada perubahan jadwal ataupun data penting yang lain.

Bila Kalian memerlukan informasi lebih lanjut tentang keberangkatan haji, Kalian bisa menghubungi kantor penyelenggara haji.

Tidak hanya mengecek informasi keberangkatan, pastikan Kalian sudah mengecek seluruh dokumen serta perlengkapan haji dengan cermat. Perihal ini termasuk paspor, visa, tiket pesawat, serta seluruh dokumen yang dibutuhkan buat ekspedisi haji Kalian.

Selain itu kalian juga mesti tahu apa saja “Jenis Visa Haji Beserta Cara Input Geometrik” agar tak kerepotan nantinya.

Jadi setelah mengetahui cara cek keberangkatan haji secara online, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!