OpenAI Akan Meluncurkan Alat Deteksi Gambar AI Buatan DALL-E 3

JAKARFTA - OpenAI akan meluncurkan sebuah alat yang dapat mendeteksi gambar yang dibuat oleh generator teks-ke-gambar mereka, DALL-E 3. Hal ini  diumumkan oleh perusahaan startup yang didukung oleh Microsoft pada  Selasa 7 Mei, di tengah kekhawatiran yang meningkat tentang pengaruh konten yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan dalam pemilihan global tahun ini.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa alat tersebut dengan benar mengidentifikasi gambar yang dibuat oleh DALL-E 3 sekitar 98% dari waktu dalam pengujian internal dan dapat menangani modifikasi umum seperti kompresi, pemotongan, dan perubahan saturasi dengan dampak minimal.

Selain itu, pencipta ChatGPT juga berencana untuk menambahkan penanda air yang sulit diubah untuk menandai konten digital seperti foto atau audio dengan sinyal yang sulit dihapus.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, OpenAI juga bergabung dengan sebuah kelompok industri yang meliputi Google, Microsoft, dan Adobe, serta berencana untuk menyediakan standar yang akan membantu melacak asal usul berbagai media.

Pada bulan April, selama pemilihan umum yang sedang berlangsung di India, video palsu dari dua aktor Bollywood yang terlihat mengkritik Perdana Menteri Narendra Modi telah menjadi viral secara online.

Penyebaran konten yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan dan deepfakes semakin banyak digunakan di India dan dalam pemilihan di tempat lain di dunia termasuk di Amerika Serikat, Pakistan, dan Indonesia.

OpenAI mengatakan bahwa mereka akan bergabung dengan Microsoft dalam meluncurkan dana "ketahanan masyarakat" sebesar  2 juta dolar AS (Rp 32,1 miliar) untuk mendukung pendidikan kecerdasan buatan.