Jelang Dimulainya GIIAS 2024 Juli, Ini Deretan Info Menariknya

JAKARTA - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 akan dimulai dalam sebulan ke depan. Edisi ke-31 ini akan diramaikan oleh sejumlah produsen otomotif ternama dan dimulai pada 18-28 Juli di ICE BSD, Tangerang.

Pameran tahunan ini akan diramaikan oleh sejumlah peserta yang akan memenuhi total 11 area hall ICE BSD, Tangerang. Disebutkan ada penambahan hall baru dengan luas 12.000 meter persegi.

Acara ini akan diikuti oleh total 50 peserta, mencakup merek kendaraan berpenumpang, komersial, sepeda motor, hingga sejumlah merek industri pendukung. Tidak hanya itu, beberapa pabrikan akan melakoni debutnya di pasar Indonesia melalui pameran ini.

“Yang membanggakan dari GIIAS 2024 adalah penambahan luas pameran. Ini membuat pameran tersebut akan menjadi yang terbesar di dunia, di luar China,” kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam kata sambutan media di Senayan, Jakarta, Senin, 6 Mei.

Usung tema “Innovation Meets Inspiration”, diharapkan ajang tersebut dapat dimanfaatkan berbagai merek untuk memperkenalkan produk terbarunya dan demi memajukan industri otomotif di Indonesia yang semakin besar.

Perkenalan model-model kendaraan bermotor terbaru di ajang GIIAS 2024 akan menambah catatan panjang pencapaian GIIAS, yang selama penyelenggaraannya sejak sembilan tahun yang lalu telah menjadi tempat peluncuran bagi 11 world premiere dan lebih dari 300 kendaraan bermotor baru.

GIIAS 2024 akan diikuti oleh sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan berpenumpang, terdiri dari Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks.

Sementara itu perusahaan karoseri juga hadir dalam ajang ini, seperti Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Untuk kendaraan roda dua, diikuti oleh Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Moto Guzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi dan Vespa. Ratusan merek peserta dari industri pendukung lainnya juga telah memastikan kesiapannya unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS tahun ini.

“GIIAS 2024 akan diikuti oleh berbagai merek, mulai dari AS, China, Jepang, Korea Selatan, Eropa, dan banyak lainnya. Ini perpaduan yang luar biasa dan diharapkan dapat menggairahkan pasar otomotif di Indonesia,” ungkap Nangoi

Gelaran di ICE BSD juga akan memulai rangkaian “GIIAS The Series 2024” di wilayah strategis di Indonesia, terdiri dari Tangerang (18-28 Juli), Surabaya (28 Agustus-1 September) di Grand City Convex, Bandung (25-29 September) di Sudirman Grand Ballroom, dan Semarang (23-27 Oktober) di Muladi Dome Undip.