6 Cara Menggunakan Baking Soda untuk Mencuci Pakaian

JAKARTA - Manfaat baking soda atau soda kue bukan hanya sebagai bahan dalam mengolah berbagai hidangan. Baking soda juga merupakan produk pembersih yang ampuh, termasuk untuk mencuci pakaian. 

Dikutip dari The Spruce, Senin, 6 Mei, menambahkan baking soda ke dalam campuran deterjen cair bisa membuat pakaian berwarna lebih cerah dan pakaian putih menjadi lebih putih. Baking soda adalah produk pembersih dan pewangi alami. Di samping itu, baking soda juga mampu melembutkan air, sehingga Anda dapat menggunakan lebih sedikit deterjen saat mencuci pakaian.

Baking soda sangat mirip dengan senyawa yang dikenal sebagai soda pencuci (natrium karbonat) dan dapat memiliki fungsi yang sama dalam mencuci pakaian. Baking soda adalah bubuk alkali yang sangat ringan yang sedikit meningkatkan pH air ketika dicampur. 

Baking soda juga merupakan antiseptik ringan yang akan mencegah pertumbuhan bakteri. Berikut beberapa manfaat baking soda untuk mencuci pakaian dan cara menggunakannya.

Menghilangkan aroma tak sedap pada pakaian

Bau badan yang tertinggal pada pakaian disebabkan oleh bakteri. Terkadang, deterjen dengan harga lebih murah tidak mengandung enzim yang bekerja keras untuk melawan bakteri dan memerlukan dorongan agar dapat bekerja lebih efektif.

Soda kue membantu mengatur tingkat pH air mesin cuci dengan menjaganya agar tidak terlalu asam atau basa. Cukup tambahkan soda kue langsung ke dalam mesin cuci sebelum memasukkan pakaian. Dengan menambahkan 1/2 cangkir soda kue ke setiap cucian, deterjen dapat bekerja lebih efektif dan mengurangi bakteri.

Untuk masalah bau yang menyengat seperti noda keringat di ketiak atau bau lingkungan seperti asap rokok, gunakan soda kue dan air sebagai rendaman awal. Larutkan 1 atau 2 cangkir soda kue ke dalam air hangat. Isi mesin cuci atau ember besar dengan air dingin dan tambahkan soda kue. Tambahkan pakaian Anda yang berbau tidak sedap dan biarkan terendam semalaman lalu cuci seperti biasa.

Jika Anda memiliki pakaian yang perlu disegarkan dan tidak dapat dicuci, masukkan pakaian tersebut ke dalam wadah yang dapat ditutup rapat seperti bak penyimpanan dengan kotak terbuka berisi soda kue. Biarkan setidaknya selama 24 jam—lebih lama lebih baik—untuk membantu menghilangkan bau.

Membantu kerja pemutih dan deterjen

Pemutih klorin sering digunakan untuk membantu menghilangkan bau dan kotoran umum pada cucian. Dalam air yang terlalu asam atau basa, pemutih memerlukan tambahan cairan agar dapat bekerja lebih efektif. Dengan meningkatkan sifat pembersihnya, Anda mungkin dapat menggunakan lebih sedikit pemutih untuk mendapatkan hasil yang sama, menghemat uang, dan mengurangi dampak pemutih terhadap lingkungan.

Menambahkan 1/2 cangkir soda kue untuk setiap 1/2 cangkir pemutih (pastikan menambahkan pemutih pada waktu yang tepat) akan membantu mengatur tingkat pH dalam air sehingga pemutih akan bekerja lebih efektif untuk mengurangi bakteri dan melonggarkan tanah.

Jika Anda tidak menggunakan pemutih klorin, 1/2 cangkir soda kue akan meningkatkan kinerja deterjen. Hal ini sangat penting terutama jika Anda memiliki air sadah atau menggunakan deterjen yang berkualitas. Soda kue kering harus ditambahkan ke mesin cuci yang kosong sebelum cucian kotor dimasukkan. Perhatian, jangan masukkan soda kue ke dalam dispenser deterjen. Lebih baik, langsung taburi soda kue dalam tabung pakaian.

Menghaluskan pakaian secara natural

Soda kue membantu mengatur tingkat pH air bilasan mesin cuci dengan menjaganya agar tidak terlalu asam atau basa. Menambahkan 1/2 cangkir soda kue ke setiap siklus pembilasan berfungsi sebagai penyeimbang untuk menahan deterjen atau endapan mineral di dalam air dan mencegahnya menempel kembali pada pakaian, yang dapat membuat pakaian terasa kaku.

Sebagai mineral alami, soda kue tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan dibandingkan pelembut kain sintetis dengan pewangi yang menutupi bau. Berbeda dengan pelembut kain sintetis, soda kue dapat digunakan dengan aman.

Membersihkan setrika

Soda kue adalah bahan abrasif lembut alami. Untuk menghilangkan sisa pati dan gosong dari permukaan setrika dingin, campurkan pasta soda kue dan air. Dengan menggunakan kain putih, gosokkan pasta ke permukaan setrika. Untuk penumpukan yang membandel, gunakan kain untuk menggosok dengan lembut dan ulangi sampai penumpukan hilang. Selesaikan dengan menyeka pelat muka dengan kain yang dibasahi dengan cuka putih suling. Setrika Anda sekarang akan meluncur dengan mulus, membuat menyetrika menjadi lebih mudah dan tidak meninggalkan endapan.

Mencerahkan linen tua 

Baking soda bisa sangat efektif menghilangkan noda dari linen halus yang disebabkan oleh usia. Karena baking soda adalah pembersih alami, linen lama akan lebih putih dan cerah. Deterjen biasa dapat merusak linen, jadi metode di sini adalah mencuci dengan baking soda saja, bukan sebagai aditif deterjen. Jika terdapat noda pada linen, maka gosok dulu dengan pasta yang terbuat dari baking soda dan air.

Menghilangkan noda krayon 

Jika pakaian Anda atau pakaian anak terkena noda krayon, cuci kembali pakaian dalam air yang paling panas yang diperbolehkan untuk kain. Lalu, tambahkan setengah cangkir baking soda ke cucian.