Cak Imin Keliling Indonesia Cari 'Wangsit' soal Sikap PKB, Koalisi atau Oposisi

JAKARTA - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar disebut tengah keliling Indonesia untuk mencari 'wangsit' atau petunjuk terkait posisi partai di pemerintahan selanjutnya, apakah mengambil sikap oposisi atau masuk ke Koalisi Prabowo-Gibran.

Ketua DPP PKB Daniel Johan mengungkapkan, Cak Imin sedang mengunjungi beberapa daerah untuk mendengar masukan dari para sesepuh.

"Saat ini Cak Imin sedang berkomunikasi dengan seluruh pihak untuk mendapatkan masukan. Bahkan sekarang lagi keliling Indonesia, beberapa daerah, untuk menemukan para tokoh dan sepuh," ujar Daniel, Sabtu, 4 Mei.

Daniel mengatakan, berbagai masukan mengenai arah partai ke depan akan disambut positif dan menjadi bahan pertimbangan DPP. Menurutnya, di luar maupun di dalam pemerintahan sama baiknya bagi PKB.

"Berbagai masukan yang ada, masing-masing punya positif punya negatif. Bergabung punya positif banyak, juga punya negatifnya. Posisi di luar pun ada positif, ada baiknya," kata anggota DPR dapil Kalimantan Barat itu.

Kendati demikian, Daniel mengakui hingga saat ini belum ada perdebatan di akar rumput PKB soal sikap partai yang membuka peluang merapat ke pemerintahan Prabowo-Gibran. Diketahui, PKB telah menyatakan mendukung pemerintahan Prabowo meski belum resmi menyatakan sikap bergabung.

"Belum ada perdebatan. Justru itu yang harus kami cari, yang terbaik," kata Daniel.