Shin Tae-yong Tak Ingin Kegugupan Menghantui Indonesia U-23 di Laga Kontra Irak U-23

JAKARTA - Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Uzbekistan U-23 pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024.

Garuda Muda takluk 0-2 pada laga yang dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin 29 April 2024.

Shin Tae-yong tidak menampik bahwa kegugupan menjadi salah satu faktor kekalahan anak asuhnya. Tekanan mendapat tiket langsung ke Olimpiade Paris 2024 menjadi beban buat Indonesia U-23.

Tak heran, Marselino Ferdinan dan kolega tidak tampil maksimal sepanjang laga. Malahan, mereka bisa saja kebobolan lebih dari dua gol andai empat upaya Uzbekistan U-23 tidak membentur tiang gawang.

"Saya menghargai upaya baik dari tim. Sebelum kami memulai pertandingan, para pemain mungkin sedikit gugup dan mungkin itu memengaruhi tim kami karena kami biasanya bermain bagus."

"Uzbekistan U-23 melakukannya dengan baik. Mereka kuat dan selamat kepada mereka karena telah memenangi pertandingan," ujar Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu tak ingin masalah kegugupan tersebut menghantui pasukannya saat perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 melawan Irak U-23.

Dia mau target meraih peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 sekaligus tiket lolos otomatis terakhir ke Olimpiade Paris 2024 berubah menjadi motivasi, bukan beban.

Shin Tae-yong yakin pasukannya bisa bangkit dari kekalahan kontra Uzbekistan U-23 dan menang melawan Irak U-23.

"Saya percaya diri dengan pemain saya. Kami semua yakin bahwa kami bisa pergi ke Olimpiade (Paris 2024). Para pemain sudah siap secara mental untuk ini."

"Kami masih memiliki pertandingan penting lainnya yang akan dating. Jadi, kami akan beristirahat dengan baik dan mulai berkonsentrasi pada hal itu," tutur Shin Tae-yong.

Laga perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 akan dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis, 2 Mei 2024.

Jika meraih tempat ketiga, Indonesia U-23 dipastikan lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024.

Hanya saja, andai Garuda Muda cuma menyelesaikan turnamen sebagai peringkat keempat, pintu ke Paris belum tertutup.

Indonesia U-23 masih bisa merebut satu tiket sisa melalui jalur playoff antarkonfederasi pada 9 Mei 2024 melawan Guinea, peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023.