Microsoft Luncurkan Mode Offline ke Situs Web OneDrive

JAKARTA – Microsoft menghadirkan banyak perubahan di OneDrive, layanan penyimpanan data berbasis cloud. Salah satu pembaruan yang Microsoft luncurkan adalah kemampuan mengakses OneDrive secara offline.

Peluncuran mode offline, khusus untuk situs web, ini diumumkan pada Senin, 29 April. Microsoft mengatakan bahwa mereka menghadirkan mode offline untuk menyederhanakan akses ke OneDrive sehingga pelanggan bisa menggunakan layanan secara cepat.

"Kami meluncurkan mode offline, yang menghadirkan peningkatan kecepatan dan kemampuan offline yang signifikan saat menggunakan OneDrive di browser favorit Anda. Mode offline kini diluncurkan secara global untuk pengguna kantor dan sekolah," kata Microsoft.

OneDrive bisa dibuka secara offline karena menggunakan penyimpanan lokal perangkat. Dengan dukungan OneDrive Sync, seluruh cache, metadata file, dan informasi seperti nama file, ukuran, tanggal terakhir diakses, dan lainnya akan tersimpan ke dalam perangkat.

Jika cache tersimpan ke dalam perangkat, pengguna bisa memuat OneDrive dan mengakses seluruh file dengan cepat. Saat koneksi jaringan tiba-tiba terputus, pelanggan tidak perlu panik karena OneDrive masih bisa diakses dan tidak akan menghadapi kendala.

Sebelum mengakses OneDrive secara offline, pelanggan harus membuka aplikasi OneDrive di Windows atau macOS terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar OneDrive bisa melakukan sinkronisasi. Setelah itu, itu buka OneDrive melalui Microsoft Edge atau Google Chrome.

Pengguna tidak perlu melakukan apa pun untuk menyimpan data OneDrive secara offline. Sinkronisasi yang dilakukan di aplikasi sudah membuat seluruh cache dan metadata tersimpan. Oleh karena itu, pengguna sudah bisa mengakses OneDrive secara offline di web.