GWM Tunjukkan Pencapaian dan Semangat Ekspansi Global di Auto China 2024

JAKARTA - Great Wall Motor (GWM) merek asal China turut ambil bagian dalam ajang Beijing International Automotive Exhibition 2024.

Dalam perhelatan itu, merek yang juga sudah ada di Indonesia ini memaparkan pencapaian gemilang dalam pengembangan global dan ambisi perusahaan untuk masa depan.

President of GWM Mu Feng, mengatakan perusahaan akan terus berpegang teguh pada prinsip globalisasi, dan lokalisasi menyeluruh tidak hanya di China tapi di seluruh dunia. 

"GWM terus meningkatkan strategi ekspornya untuk pasar luar negeri, dari ‘ekspor komoditas’ menjadi ‘perdagangan di luar negeri’, dan sekarang menuju ‘globalisasi ekologis’. GWM selalu menjunjung tinggi lokalisasi, mendorong produksi, operasional, budaya brand, dan rantai pasokan untuk dilokalkan, serta mencapai pembangunan global berkualitas tinggi," katanya, dalam keterangan dikutip Sabtu, 27 April. 

Mu Feng mengungkapkan setelah lebih dari 20 tahun pengembangan di luar negeri, pembangunan global GWM telah mencapai kesuksesan. Bahkan, beberapa produk unggulan seperti GWM Tank hingga Ora telah diluncurkan di pasar luar negeri. 

"Strategi yang kami lakukan yaitu 'Globalisasi Ekologis' telah mencapai hasil yang substansial," tambah Mu Feng. 

Saat ini GWM telah membangun pabrik produksi kendaraan di Thailand dan Brazil, serta mendirikan pabrik KD di Pakistan, Ekuador, dan tempat lain untuk mempromosikan penelitian dan pengembangan (R&D) serta produksi produk secara lokal serta menghadirkan produk kepada konsumen global yang lebih sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan di skala regional. 

Dengan mengandalkan produksi massal lokal, GWM tidak hanya meningkatkan daya saing dari segi biaya, tetapi juga berkontribusi lebih banyak pekerjaan dan pendapatan pajak ke pasar lokal, memenuhi tanggung jawab sosial setempat, dan berkontribusi pada negara dan masyarakat masing-masing tempat mereka berada.

Selain itu, GWM menjadi salah satu perusahaan mobil China pertama yang berekspansi ke pasar luar negeri. Sejak tahun 1997, GWM telah mempromosikan ekspor tahap pertama produknya ke pasar Timur Tengah dan memulai penjelajahan dan ekspansi pasar internasional. 

Saat ini, GWM telah hadir di lebih dari 170 negara dan wilayah di seluruh dunia, dan lebih dari 1,4 juta pengguna internasional telah menjadi pemilik mobil GWM.

Pada tahun 2023, penjualan GWM di luar negeri melebihi 314 ribu kendaraan, meningkat sekitar 80 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Model utama yang dijual semuanya telah mendapatkan peringkat bintang lima Australia dan Eropa.

Model bernilai tinggi seperti GWM TANK 300 dan GWM TANK 500 telah diluncurkan secara global dan telah mempercepat peluncurannya di lebih dari 30 negara dan wilayah di seluruh dunia. 

GWM juga telah hadir di Indonesia dengan dua modelnya yaitu GWM Tank 500 HEV dan GWM Haval H6 HEV yang dilengkapi dengan teknologi Hybrid terkini.

Untuk Tank 500, model ini dibanderol dengan harga Rp1,196 miliar dan Haval H6 HEV Rp595,8 juta On The Road Jakarta.