Jasa Marga Klaim Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Lebih Lancar, Naik 46 Persen

JAKARTA - Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur menyebut, total keseluruhan arus lalu lintas (lalin) selama periode mudik dan balik Lebaran 2024 meningkat sekitar 46 persen dibandingkan kondisi normal.

Fakta tersebut diperoleh dari sejumlah data yang dijalankan perusahaan serta stakeholder terkait, seperti Google yang telah terintegrasi dengan aplikasi Jasamarga Integrated Digitalmaps (JID).

"Di tahun ini, rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol wilayah Jakarta sampai dengan Jawa Tengah (Semarang) mengalami peningkatan pada puncak arus mudik dan balik," kata Subakti dalam keterangan resminya, dikutip Kamis, 25 April.

Meski begitu, peningkatan tersebut mampu dikawal dengan baik.

Tercatat, kecepatan rata-rata kendaraan rute Cawang sampai Semarang pada puncak arus mudik adalah sebesar 68 km/jam atau naik sebesar 11 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Sementara untuk waktu tempuhnya yaitu 6 jam 53 menit atau lebih cepat 15,5 persen dibandingkan tahun lalu.

"Sementara itu, kecepatan rata-rata kendaraan rute Semarang sampai dengan Cawang pada puncak arus balik adalah sebesar 79 km/jam, meningkat 2 persen jika dibandingkan tahun lalu. Waktu tempuhnya yaitu 5 jam 50 menit atau lebih cepat 5 persen dibandingkan tahun lalu," ujarnya.

Subakti pun mengklaim pihaknya sukses mengawal arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1445 H, yang mana hal ini tak lepas dari beberapa aspek yang menjadi perhatian Tim Satgas Jasa Marga Siaga.

Aspek tersebut adalah memastikan kesiapan pelayanan operasi, memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan serta menyiapkan strategi antisipasi dan cara bertindak untuk penanganan pada situasi darurat.

Kemudian, mengendalikan arus dan kepadatan di rest area, membatasi kegiatan konstruksi di jalan tol selama masa operasional pelayanan Lebaran, memastikan kesiapan jalur fungsional yang akan digunakan serta mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dan pengolahan data kondisi lalu lintas terkini.

Subakti juga secara resmi menutup Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idulfitri 1445 H yang mengawal pelayanan operasional jalan tol pada periode arus mudik dan balik.

"Terima kasih kepada Satgas Jasa Marga Siaga yang telah bekerja dengan sangat baik," tutur Subakti.

"Walaupun masih ada sejumlah hal yang harus kami terus perbaiki ke depannya, alhamdulillah kami mendapat apresiasi positif atas kelancaran, ketertiban dan kenyamanan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Perhubungan, Kepolisian Republik Indonesia, TNI, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN serta stakeholder terkait lainnya," imbuhnya.