Intip Fasilitas Baru Lifecare Blue Bird yang Permudah Penumpang Disabilitas hingga Lansia

JAKARTA - PT Blue Bird Tbk atau (BIRD) mengembangkan fasilitas Lifecare Taxi, layanan taksi yang dirancang khusus untuk individu dengan kebutuhan khusus, difabel dan lansia, yang telah diluncurkan sejak 2014.

Layanan ini merupakan wujud komitmen Bluebird selama lebih dari 50 tahun untuk memberikan layanan yang berkualitas, inovatif dan relevan, dengan kebutuhan setiap pelanggan.

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono mengatakan, pengembangan Lifecare Taxi meliputi penggunaan armada baru, yaitu Multi-purpose Vehicle (MVP) berkabin lega.

Selain itu, kursi penumpang dirancang khusus agar bisa naik–turun secara otomatis serta pengemudi yang dibekali keahlian cara menggunakan fitur-fitur armada Lifecare Taxi.

Dengan fasilitas baru tersebut, BIRD membantu agar para pelanggan dengan tantangan fisik bisa melakukan mobilitas dengan nyaman.

"Dengan mengembangkan Lifecare Taxi, Bluebird berkomitmen untuk menjembatani kesenjangan aksesibilitas dalam transportasi dan memastikan bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama," ujar Adrianto dalam media gathering di Bluebird Tower, Jakarta Selatan, Kamis, 25 April.

Saat ini, armada Lifecare Taxi sendiri baru tersedia sebanyak 5 unit dengan rincian 3 unit di Jakarta dan 2 unit di Bali. Ke depannya, jumlah armada Lifecare Taxi akan ditambah.

Para pelanggan yang ingin memanfaatkan layanan ini bisa melakukan pemesanan melalui call center Bluebird.

Adrianto menambahkan, bahwa argo untuk layanan taksi ini masih sama dengan sebelumnya. "Masih sama (argonya), tetapi kami justru membuat kerja sama dengan instansi-instansi (seperti rumah sakit) yang membutuhkan untuk lebih terjangkau," katanya.

Ke depan, rumah sakit atau instansi lain yang berkolaborasi dengan Bluebird akan memberikan rekomendasi pelanggan yang sekiranya memang membutuhkan layanan Lifecare Taxi ini.

Layanan Life Care Taxi Bakal Ada di Bali

Layanan Lifecare Taxi Milik Bluebird juga akan segera mengaspal di jalanan Denpasar dan Badung, Bali. Layanan peluncuran layanan taksi tersebut akan dilakukan esok hari.

"Di Bali akan diluncurkan besok," ujar Adrianto.

Andre mengatakan, hingga saat ini baru tersedia 5 unit armada untuk layanan Lifecare Taxi tersebut.

"Saat ini, kami punya lima unit untuk tahap 1. Kami bagi dua di Jakarta dan tiga di Bali," katanya.

Adapun armada Lifecare Taxi bisa dijumpai di pangkalan Bluebird yang ada di beberapa rumah sakit di Jakarta, seperti RS Pantai Indah Kapuk, RS Fatmawati, RS Dharmais, RS EMC Alam Sutera dan Siloam Hospitals Semanggi. Sementara untuk Bali, Lifecare Taxi bisa dijumpai di BIMC Hospital dan Siloam Hospitals.

Ke depan, kata Andre, pihaknya akan berencana untuk menambah jumlah unit armada untuk layanan tersebut. Namun, dia belum dapat merincikan berapa jumlah unit yang akan ditambahkan lantaran masih terlalu dini.

"Sekaligus karena ini juga armada baru, semuanya baru. Setelah kami belajar untuk mengoperasikan dan lain-lain juga, tentu rencana kami akan tambahkan lagi," ucapnya.