Begini Cara Membuat Kunci Sandi WhatsApp di Android dan iOS

JAKARTA - WhatsApp terus meningkatkan keamanan di platformnya. Salah satu fitur keamanan terbaru adalah fitur kunci sandi atau passkey yang kini sudah tersedia di Android dan iOS. 

Dengan kunci sandi, ketika ingin login ke akun WhatsApp Anda di masa mendatang, Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan pesan SMS OTP lagi, melainkan Anda dapat menggunakan sidik jari, wajah, atau kunci layar untuk memverifikasi diri Anda. 

Untuk menyiapkan kunci sandi, di Android, setidaknya Anda memerlukan perangkat model Android 9 atau lebih baru dengan syarat:

Akun Google Anda disiapkan dan ditautkan ke perangkat seluler Anda yang baru. Pastikan Pengaturan Pengelola Kata Sandi telah diaktifkan di perangkat Anda. 

Selain itu, pastikan Anda telah memperbarui aplikasi WhatsApp versi terbaru. Karena, fitur ini baru dirilis melalui pembaruan WhatsApp. 

Buat kunci sandi di Android:

  1. Buka pengaturan WhatsAppAnda
  2. Ketuk Kunci Sandi
  3. Kemudian Buat kunci sandi
  4. Ketuk Lanjutkan

Anda mungkin diminta untuk mengetuk Gunakan kunci layar untuk membuat kunci sandi Anda.

Buat kunci sandi di iOS:

  1. Buka pengaturan WhatsAppAnda
  2. Ketuk Passkeys
  3. Selanjutnya Create passkeys
  4. Ketuk Continue.  

Anda dapat menggunakan Touch ID, Face ID, atau kode sandi perangkat untuk memverifikasi diri Anda dengan kunci sandi. Untuk menyiapkan kunci sandi, Anda memerlukan model iPhone 8 atau lebih baru dengan versi iOS 16 atau lebih tinggi.