Meta Tambahkan Asisten Virtual dan Dukungan Panggilan Video ke Kacamata Ray-Ban

JAKARTA – Meta berusaha menghadirkan berbagai macam teknologi ke kacamata pintar Ray-Ban buatannya. Dalam waktu dekat, Ray-Ban tidak hanya memiliki kamera, speaker, dan mikrofon, tetapi juga asisten virtual.

Pada Desember tahun lalu, Meta meluncurkan program akses awal bagi para pelanggan kacamata Ray-Ban. Perusahaan tersebut menambahkan kemampuan multimodal berbasis Artificial Intelligence (AI) agar kacamata Ray-Ban bisa melakukan lebih banyak hal.

Setelah melalui proses pengujian, kini Meta meluncurkan asisten virtual buatan mereka ke dalam pembaruan kacamata pintar Ray-Ban. Asisten virtual yang diberi nama Meta AI ini baru tersedia di AS dan Kanada dalam versi beta.

Meta menjelaskan bahwa asisten virtual ini bisa membantu penggunanya di berbagai macam kondisi. Meta AI bisa menerjemahkan menu dalam bahasa asing dengan menggunakan kamera dan memberikan informasi mengenai berbagai macam hal.

"Anda dapat bertanya kepada kacamata Anda tentang apa yang Anda lihat, dan mereka akan memberi Anda jawaban atau saran yang cerdas dan bermanfaat," kata Meta. "Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan kacamata (Ray-Ban)."

Selain meluncurkan Meta AI, perusahaan tersebut juga menambahkan kemampuan panggilan video di WhatsApp dan Messenger. Dua media sosial itu terintegrasi langsung dengan kamera bawaan kacamata Ray-Ban.

Meta mengatakan bahwa kemampuan panggilan video ini masih diluncurkan secara bertahap. "Jadi, jika Anda tidak langsung melihat pembaruannya, tunggu saja — pembaruan sedang dalam proses."