Suzuki Avenis dan Burgman Street EX Resmi Masuk Pasar Malaysia, Segini Harganya

JAKARTA - Suzuki meluncurkan dua motor sekaligus di Malaysia, yaitu Avenis 2024 dengan pilihan GP Edition dan juga Burgman Street EX 2024 yang sudah meluncur di Indonesia tahun lalu. 

Mengutip dari laman Paultan, Senin, 22 April, Suzuki Avenis 2024 dibanderol mulai dari 6.980 ringgit atau kisaran Rp23 jutaan dan 7.500 ringgit untuk versi GP Edition (Rp24,4 jutaan), sedangkan Burgman Street EX 2024 menyentuh angka 7.500 ringgit (Rp25,4 jutaan). 

Semua harga di atas belum termasuk asuransi, pajak dan biaya lainya. Selain itu, kedua model di batas akan segera tersebut di seluruh jaringan dealer resmi Suzuki Malaysia. 

Bicara pilihan warnanya, Avenis 2024 mendapat tiga pilihan terdiri dari Metallic Matte Fibroin Grey dengan Metallic Lush Green, Metallic Matte Black dengan Glass Sparkle Black, serta replika balap Metallic Sonic Silver dengan Triton Blue ‘GP Edition’. Sementara itu, Burgman mendapat dua pilihan warna Pearl Moon Stone Grey dan Metallic Mat Black.

Soal jantung pacunya, Suzuki Avenis dan Burgman menggendong mesin yang sama yaitu satu silinder berpendingin udara dengan kapasitas 125cc. Tenaganya diklaim 8,58 hp pada 6.750 rpm dengan torsi maksimal 10 Nm yang masuk pada 5.500 rpm.

Lebih detailnya, Burgman mendapatkan mesin Suzuki Eco Performance Alpha (SEP-α) dengan Engine Auto Stop-Start (EASS), yang diklaim membuat motor lenih irit, karena mesin bisa mati sendiri ketika berhenti, serta dilengkapi dengan Suzuki Silent Starter System untuk menghidupkan mesin dengan senyap. 

Sementara itu, Burgman diposisikan sebagai skuter kecil premium Suzuki dengan beberapa kompartemen yang dihadirkan, seperti port pengisian daya USB hingga penyimpanan 21,5 liter. 

Di sisi lain, menyasar konsumen muda perkotaan, Avenis hadir dengan panel instrumen LCD yang dilengkapi indikator ‘ECO’ untuk performa hemat bahan bakar. Tangki bahan bakar berkapasitas 5,2 liter, sedangkan tutup pengisi terletak di bagian luar di belakang jok untuk memudahkan pengisian bahan bakar.