Jenis Ikan Terapi yang Biasa Digunakan di Indonesia

YOGYAKARTA - Jenis ikan terapi yang populer di Indonesia beberapa tahun belakangan ini ada 2 dan bisa kita temukan di Indonesia. Apa saja jenisnya? Kali ini kita bakal membahasnya di sini, simak sampai selesai ya!

Pasalnya ikan yang kerap kali digunakan sebagai ikan terapi di Indonesia ialah ikan Garra Rufa dan ikan Nilem. Kedua jenis ikan tersebut meski berasal dari family yang berbeda, namun punya prilaku yang serupa, loh!

Jenis-jenis ikan terapi garra rufa serta nilem mempunyai perilaku suka mengerumuni kaki manusia saat dicelupkan ke dalam kolam. Begitu pula, jenis ikan terapi yang terkenal gemar memakan lapisan kulit ari yang mati pada permukaan kaki.

Kedua jenis-jenis ikan terapi tersebut diketahui gampang dibudidayakan sebab kemampuan reproduksinya lumayan tinggi. Inilah kenapa di sebagian wilayah Indonesia ada yang mengkonsumsi jenis-jenis ikan terapi dewasa.

Jenis Ikan Terapi

(Gambar fishkeeper.co.uk)

Ikan Garra Rufa

Ikan garra rufa merupakan jenis-jenis ikan terapi yang berasal dari family Cyprinidae. Umumnya jenis-jenis ikan terapi ini ditemui di daerah Timur Tengah, semacam sungai-sungai di daerah Turki serta Syria. Setelah itu habitatnya menyebar ke negeri Eropa sampai Asia seperti Indonesia.

Ikan terapi garra rupa memakan tumbuh-tumbuhan. Nama ilmiah jenis-jenis ikan terapi tersebut yaitu Garra rufa (Goren 1974) dengan nama lain (synonim) Discognathus rufus Heckel 1843, serta Cyprinion macrostomus (Banarescu & Herzig-straschil 1995). Distribusi di alam Garra rufa merupakan Aleppo, Syria. Sedangkan cyprinion macrostomus merupakan Aleppo, Syria, Mosul, Irak.

Ikan garra rufa mempunyai perilaku suka mengerumuni kaki manusia saat dicelupkan ke dalam kolam. Inilah kenapa ikan garra rufa dijuluki ikan terapi buat kepentingan SPA. Tidak hanya pemakan tumbuhan, ikan terapi garra rufa ini gemar memakan lapisan kulit ari yang mati pada permukaan kaki.

(Hasil tangkap layar Instagram @ginsontjs)

Ikan Nilem/Melem

Ikan Terapi Nilem (Osteochilus vittatus), nilem mangut, atau melem merupakan salah satu tipe ikan terapi yang berasal dari Indonesia. Ikan ini bisa ditemui dengan relatif gampang di perairan Pulau Jawa, Sumatra, serta Kalimantan.

Karakteristik khas dari ikan terapi ini yaitu terdapatnya tulang bercabang dengan sirip yang lumayan panjang di bagian punggung, mencapai panjang kurang lebih 18,5 sentimeter. Moncong ikan terapi nilem mangut ini pula mempunyai tekstur yang keras, dengan bibir yang seolah tertutup oleh lapisan kulit lain.

Manfaat Terapi Ikan Buat Kesehatan

I. Menghilangkan Bakteri

Kaki merupakan salah satu zona tubuh yang rentan terserang serbuan bakteri. Saat menempuh pengobatan ini, ikan bakal menolong menyerap bakteri jahat, sehingga bisa menolong menghindari bau tidak sedap pada kaki dan bahkan permasalahan gatal-gatal.

II. Menghilangkan bekas luka

Khasiat lain dari terapi ikan yaitu kemampuannya buat menyingkirkan sisa luka pada kaki. Pada saat ikan menggigit zona yang terkena bekas luka, mereka bakal membebaskan enzim yang secara tidak langsung membantu perkembangan jaringan baru yang lebih sehat.

III. Menghilangkan Sel Kulit Mati

Pengobatan ikan ini bisa menolong menghilangkan sel-sel kulit mati, terutama di zona kaki. Bila kalian mau kaki kalian nampak lebih bersih serta sehat, terapi ini bisa jadi opsi yang baik.

IV. Rasa Nyaman di Otot Kaki

Pengobatan ikan ini sanggup memberikan rasa nyaman pada otot-otot kaki kalian dalam jangka waktu yang cukup lama. Sentuhan serta gigitan lembut ikan menghasilkan sensasi yang sangat mengasyikkan, apalagi sedikit mengejutkan, tetapi dapat membuat otot kaki lebih santai

V. Menanggulangi Stres

Tidak hanya itu, terapi ikan pula mempunyai khasiat buat menanggulangi stres serta ketegangan. Walaupun cuma dilakukan selama maksimal 15 menit, hasilnya bakal membuat kalian merasa lebih rileks serta tenang.

VI. Pengobatan Psoriasis Alami

Salah satu tipe ikan terapi, yakni Garra Rufa, telah ikut serta dalam penyembuhan ichthyotherapy. Pengobatan ini bertujuan buat menolong menanggulangi permasalahan kulit semacam psoriasis. Psoriasis merupakan keadaan di mana kulit jadi tebal, merah, serta bersisik.

Selain itu baca juga: “Peluang Bisnis Ikan Hias” yang bisa dijadikan selaku bisnis sampingan yang cukup menjanjikan.

Jadi setelah mengetahui jenis ikan terapi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!