Mobil Hotel: Konsep Futuristik dari Xoio untuk Perjalanan Jarak Jauh

JAKARTA - Konsep kamar hotel bergerak di atas roda mungkin terdengar seperti konsep dari film fiksi ilmiah terbaru. Namun, hal itu bisa segera menjadi kenyataan, jika konsep terbaru ini adalah acuan yang patut dipertimbangkan.

Peneliti dari Xoio bertujuan untuk membuat perjalanan mobil yang membosankan menjadi sesuatu yang jauh lebih nyaman dengan 'Swift Pod'. Kendaraan konsep futuristik ini dilengkapi dengan pod tidur besar di mana dua penumpang bisa tidur nyenyak selama perjalanan mereka.

Bahkan jika Anda ingin camilan tengah malam, tidak perlu berhenti di rest area - mobil bahkan akan menyediakan camilan dan minuman!

Swift Pod didasarkan pada gagasan sederhana melakukan perjalanan jarak jauh dengan 'kecepatan yang wajar' sambil tidur.

“Kami selalu tertarik dengan kereta malam dan keajaiban nostalgik dari gagasan bangun di tujuan setelah tidur yang (cukup) menyegarkan,” ungkap Xoio menjelaskan dalam sebuah pos blog.

Kendaraan yang mereka impikan ini memiliki desain segitiga futuristik. “Kami memilih untuk tetap menggunakan bentuk segitiga ikonik untuk menekankan seberapa sedikit yang diperlukan untuk mencapai sarana transportasi yang berkelanjutan untuk jarak jauh,” kata tim tersebut, dikutip VOI dari DailyMail.

Kabin mobil itu terdapat dua tempat tidur tunggal  yang bisa diisi oleh dua penumpang. Saat mereka melakukan perjalanan, penumpang dapat memilih untuk duduk tegak, atau berbaring di tempat tidur yang 'nyaman'.  

Penumpang bisa memesan kendaraan secara online, memasukkan tujuan dan waktu yang diinginkan. Sistem navigasi kemudian akan menghitung kecepatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan tepat waktu secara otonom.

“Luasnya jarak yang bisa Anda tempuh dalam semalam dengan kecepatan ramah lingkungan sangat mengejutkan, terutama ketika lalu lintas sedang rendah,” kata Xoio. Jika Anda tidak terlalu terburu-buru, Anda juga bisa melakukan perhentian untuk istirahat.

“Sistem Pod menawarkan berbagai lokasi menarik yang selalu diperbarui untuk dipilih,' tambah Xoio.