Begini Tips Agar Terlindungi dari Ancaman Backdoor DinodasRAT Ala Kaspersky

JAKARTA - Baru-baru ini Kaspersky mengumumkan varian backdoor DinodasRAT, yang memungkinkan penjahat siber untuk memantau dan mengendalikan sistem yang disusupi secara diam-diam. 

Menargetkan perangkat Linux, malware baru ini secara aktif menyusupi organisasi di China, Taiwan, Turki, dan Uzbekistan setidaknya sejak Oktober 2023.

Untuk melindungi diri Anda dari ancaman seperti DinodasRAT, para ahli Kaspersky merekomendasikan beberapa tips berikut ini:

Audit Keamanan Reguler: Lakukan audit dan penilaian keamanan secara berkala untuk mengidentifikasi kelemahan atau kesenjangan dalam postur keamanan organisasi Anda. Tangani temuan apa pun dengan segera untuk memitigasi risiko.

Kewaspadaan Karyawan: Mendorong karyawan untuk tetap waspada dan segera melaporkan email, tautan, atau aktivitas apa pun yang mencurigakan kepada tim TI atau keamanan. Sediakan saluran yang jelas untuk melaporkan insiden secara anonim jika diperlukan.

Gunakan solusi keamanan: Berinvestasi dalam solusi keamanan komprehensif untuk melindungi dari ancaman keamanan terkini.

Akses Jarak Jauh yang Aman: Jika karyawan perlu mengakses sumber daya perusahaan dari jarak jauh, pastikan bahwa metode akses jarak jauh, seperti jaringan pribadi virtual (VPN) atau protokol desktop jarak jauh yang aman, telah dikonfigurasi dan diamankan dengan benar untuk mencegah akses tidak sah.