Program Mudik dan Balik Bareng Honda, 700 Orang Sudah Daftar Lewat Aplikasi Wanda

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) dan jaringannya kembali menyelenggarakan program Mudik Balik Bareng Honda (MBBH) sebagai bagian dari upaya menyambut momen Idulfitri 2024.

Program ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat dengan hampir 700 orang mendaftar melalui aplikasi Wahana Honda (WANDA) hingga tanggal 20 Maret 2024. Hal ini mencerminkan Sinergi Bagi Negeri karena melibatkan berbagai pihak dalam pelaksanaannya.

"Sampai 20 Maret 2024, hampir 700 orang telah mendaftar melalui Aplikasi WANDA," kata Head of Customer Care Department PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Siti Mulyanah dalam keterangan resminya, Senin, 25 Maret.

Siti Mulyanah menjelaskan bahwa terdapat dua rute pada MBBH 2024, yaitu Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Semarang, dengan rute Jakarta-Yogyakarta menjadi yang paling diminati.

Program ini memberikan kemudahan kepada calon pemudik dengan pendaftaran secara online sejak 26 Februari 2024 melalui Aplikasi Motorku-X dan Daya Auto, serta pendaftaran offline yang dibuka sejak 22 Maret lalu. Sebagai Main Dealer sepeda motor wilayah Jakarta-Tangerang, PT WMS mengoordinasikan empat lokasi di jaringannya sebagai tempat pendaftaran MBBH 2024 secara offline.

“Keempat lokasi tersebut adalah Wahanaartha Ritelindo (WARI) Gunung Sahari, NSS Slipi, WARI Cipondoh, dan Bintang Motor Buaran. Calon pemudik dapat mengunjungi salah satu dari empat lokasi tersebut sesuai dengan jam operasional masing-masing dealer motor Honda,” jelasnya.

Untuk memastikan kenyamanan pemudik selama perjalanan, AHM menyediakan fasilitas bus dan truk untuk mengangkut sepeda motor peserta MBBH. Sebanyak 28 truk akan mengangkut 1.100 sepeda motor Honda peserta dengan aman hingga sampai di kota tujuan, diberangkatkan pada 4 April 2024 dari pelataran parkir Bhanda Ghara Reksa (BGR), Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Selain itu, 59 armada bus akan disiapkan khusus untuk mengantar 2.200 pemudik dengan rute yang sudah disebutkan di atas, yang akan diberangkatkan dari PT. Astra Honda Motor, Sunter pada tanggal 6 April 2024. Untuk arus balik, AHM akan menfasilitasi 22 bus untuk 800 pemudik yang akan kembali ke Jakarta dan 10 truk untuk mengangkut 400 sepeda motor pemudik pada tanggal 14 April 2024.

Persyaratan untuk mengikuti program ini termasuk melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia, Surat Izin Mengemudi (SIM) C, dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sepeda motor Honda pada saat pendaftaran. Pemudik yang akan mengikuti arus balik juga wajib menyertakan KTP Jabodetabek. Keselamatan peserta MBBH selalu menjadi prioritas utama AHM, dengan beberapa persyaratan seperti batasan maksimal barang bawaan sebesar 20kg, sepeda motor dalam kondisi standar, wajib membawa helm SNI, dan pemudik diharuskan turun di lokasi yang telah ditentukan.