Pianis Peraih Grammy Asal Italia, Maurizio Pollini Tutup Usia

JAKARTA - Enam dekade karier telah dilalui Maurizio Pollini, sebagai seorang pianis. Di usia kepala delapan, ia masih aktif sebagai musisi dan menggelar pertunjukan di Milan.

Sang musisi peraih Grammy ini baru saja meninggal dunia di usia 82 tahun. Berita itu disampaikan La Scala opera house dalam pernyataan publik pada Sabtu, 23 Maret.

Pihak La Scala tak mengungkap secara detail penyebab meninggalnya sang legenda asal Milan tersebut. Namun pada 2022 ia sempat membatalkan sebuah show karena mengalami gangguan jantung.

Sang pianis merupakan musisi jenius yang memiliki repertoar beragam. Tak hanya berkutat dengan komposisi klasik, ia juga membawa kesegaran dalam karyanya dengan musik 2000an.

La Scala menyebut Pollini sebagai salah satu musisi terhebat di generasi ini, dan sosok yang jadi referensi artistik di dunia teater dalam 50 tahun terakhir.

Maurizio Pollini lahir di Milan pada 5 Januari 1942. Ia lahir dari keluarga seniman, dengan ayah seorang violinist, ibu dan kakak yang gemar bermain piano. Ia memulai tur Amerika perdana di tahun 1968 dan jadi sosok influensial bagi pecinta musik dan teater.