Wahyu Retno Wulandari Lolos ke Paralimpiade Paris 2024

JAKARTA – Atlet parapanahan Indonesia, Wahyu Retno Wulandari, lolos ke Paralimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung pada 28 Agustus sampai 8 September 2024.

Retno mendapat tiket ke ajang bergengsi itu saat tampil dalam turnamen peringkat dunia, Fazza Para-Panahan Kedelapan yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 2-7 Maret 2024.

"Kali ini menghadirkan kesan baru bagi kami tim parapanahan Indonesia karena kami mampu menambah satu tiket lolos ke Paralimpiade Paris 2024," kata pelatih parapanahan, Idya Putra Harjianto.

Pada Fazza Para-Panahan Kedelapan, Retno tampil di nomor recurve women open. Atlet kelahiran 31 Desember 1987 itu pulang di putaran 16 besar setelah kalah melawan atlet Thailand, Phattharaphon Pattawaeo.

Selain memastikan satu tiket ke Paralimpiade 2024, tim parapanahan juga berhasil merebut satu medali perak melalui Ken Swagumilang.

Ken Swagumilang belum mampu mempersembahkan medali emas setelah di final nomor compound putra kalah melawan pemanah India, Rakesh Kumar, dengan skor 143-147.

"Saya bersyukur atas pencapaian yang diperoleh saya sendiri maupun pencapaian tim parapanahan dalam turnamen di Dubai ini. Ini merupakan event panahan tingkat dunia yang diikuti atlet terbaik dari berbagai penjuru dunia," kata Ken.

Keberhasilan Retno membuat parapanahan Indonesia telah memastikan lima atlet yang akan tampil di Paris 2024 nanti.

Kelima atlet tersebut yakni Kholidin, Setiawan, Ken Swagumilang, Teodora Audi Ferelly Ayudia, dan Wahyu Retno Wulandari.

Sementara itu, secara keseluruhan Indonesia telah meloloskan 13 atlet ke Paralimpiade Paris 2024. Targetnya akan ada 27 atlet yang dipersiapkan mendapat tiket ke multicabang terbesar dunia itu.