Atletico Madrid vs Inter Milan: Tetap Waspada meski Berstatus Unggulan

JAKARTA - Inter Milan menjadi unggulan saat melakoni laga kedua babak 16 besar Liga Champions 2023/2024 melawan Atletico Madrid.

Meski berpeluang lolos ke perempat final, Inter tetap waspada dalam duel di kandang Atletico di Stadion Wanda Metropolitano, Kamis, 13 Maret 2024, dini hari WIB.

Inter tak terbendung di kompetisi Serie A 2023/2024. Sepanjang tahun 2024 saat kompetisi memasuki paruh kedua, Inter selalu menorehkan kemenangan di berbagai ajang. Mereka tercatat 13 kali menang selama 13 pertandingan.

Di kompetisi domestik, Inter rutin meraih tiga poin sehingga nyaman bertengger di puncak klasemen. Bahkan Nerazzurri sudah kian dekat dengan Scudetto usai kemenangan 1-0 atas Bologna.

Konsistensi performa ditampilkan dengan sangat baik oleh Inter. Kini, tim asuhan Simone Inzaghi menatap laga yang tidak kalah krusial, Liga Champions.

Pada laga pertama di kandang sendiri, mereka unggul 1-0 lewat gol Marko Arnautovic. Namun, kemenangan itu belum memberi garansi Inter lolos ke perempat final. Pasalnya, masih ada laga kedua yang digelar di kandang Atletico.

Inter memang hanya butuh imbang untuk memastikan tiket ke delapan besar. Persoalannya, Atletico cukup menang 2-0 untuk membalikkan keadaan.

Hal itu menjadikan Inzaghi menolak meremehkan Los Rojiblancos yang bakal habis-habisan saat bermain di kandang sendiri.

"Atletico tim yang berbeda saat bermain di kandang sendiri dibandingkan saat away. Kami tahu kualitas pemain dan pelatihnya. Jadi, kami sebisa mungkin melakukan yang terbaik," kata Inzaghi.

"Atmosfer di Metropolitano bakal memberi pengaruh pada pertandingan itu. Namun, kami sudah menargetkan tetap bertahan di Liga Champions," ucapnya.

Sebaliknya, kondisi Atletico memang bikin cemas dan pelatih Diego Simeone tengah memasuki masa sulit. Mereka hanya sekali menang pada lima laga sebelumnya.

Mereka tersingkir di Copa del Rey setelah kalah lawan Athletic Bilbao. Terakhir, Atletico dipermalukan tim zona degradasi, Cadiz, dengan skor cukup meyakinkan, 0-2. Rentetan hasil buruk ini menjadikan Atletico dan Simeone mendapat kritikan keras.

"Opini jelas mencerminkan dari pencapaian kami. Jadi, kami tak bisa membantahnya," kata Simeone.

"Apa pun itu, kami akan menghadapi salah satu tim terbaik di Eropa. Meski demikian, saya menaruh kepercayaan kepada pemain. Saya tahu pemain bakal habis-habisan di pertandingan ini," ucap dia.

Pada laga melawan Inter, Simeone tak menurunkan skuat terbaik menyusul absennya Jose Maria Gimenez dan Thomas Lemar.

Sedangkan striker Antoine Griezmann diragukan bisa tampil setelah absen di laga melawan Cadiz. Begitu pula bek Cesar Azpilicueta juga terancam absen.

Sementara, Inter bakal turun dengan tim yang lengkap. Termasuk gelandang Hakan Calhanoglu bisa kembali bermain. Dirinya pun sudah bermain saat melawan Bologna.

Dengan kekuatan penuh, Inter sedikit diunggulkan. Namun, Atletico tetap bisa membuat kejutan untuk menyingkirkan finalis Liga Champions 2023 ini.

Prakiraan Susunan Pemain

Atletico Madrid (5-3-2): Oblak; Molina, Savic, Witsel, Hermoso, Lino; Saul, De Paul, Koke; Depay, Morata

Inter Milan (3-5-2): Sommer; Pavard, De Vrij, Bastoni; Darmian, Barella, Calhanoglu, Mkhitaryan, Dimarco; Thuram, Martinez