Ford Bawa Ranger dan Everest ke Pasar Thailand, Sediakan Varian Bermesin V6 Diesel

JAKARTA - Ford kembali perluas lini kendaraannya di wilayah Asia Tenggara, tepatnya di Thailand dengan menghadirkan Ranger dan Everest generasi terbaru. Hal menarik lainnya, kedua model tersebut mendapatkan varian bermesin V6 turbodiesel yang bertenaga.

Tentu ini merupakan kabar yang menggembirakan bagi pecinta kendaraan Ford yang cukup banyak di negeri gajah putih. Sebelumnya, varian ini hanya tersedia di sejumlah pasar saja seperti Australia.

Dilansir dari Top Gear Philippines, Senin, 11 Maret, ini merupakan pertama kalinya mobil Ford bermesin 6-silinder diesel hadir di pasar Asia Tenggara. Untuk Ranger, mesin ini secara eksklusif disediakan pada tipe Wildtrak. Sedangkan untuk Everest, pada tipe Platinum.

Berbicara soal performanya, mesin V6 3,0 liter tersebut memiliki tenaga puncak 250 dk dan torsi 600 Nm, menjadikannya powertrain diesel paling bertenaga untuk kedua model ini. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi sepuluh percepatan otomatis bekerja sama dengan penggerak empat roda.

Berbicara soal harga, kedua model ini dibanderol dengan harga tinggi dengan Ranger Wildtrak dilego 1,519 baht atau sekitar Rp665,6 jutaan dan Everest Platinum seharga 2,279 juta atau sekitar Rp998,5 jutaan.

Di Indonesia, RMA Indonesia sebagai agen tunggal pemegang merek Ford, menyediakan dua model ini dengan mesin 4-silinder bi-turbo yang tangguh.

Untuk tipe Ranger Wildtrak maupun Everest Titanium, berbagi mesin yang sama dengan 4-silinder segaris bi-turbo diesel 1.996 cc yang dapat menghasilkan tenaga hingga 210 ps dan torsi 500 Nm. Tidak hanya itu, mesin tersebut juga ditanamkan pada Ranger Raptor dengan tenaga dan torsi yang sama.

Untuk harga di tanah air, Ford Ranger Wildtrak dibanderol senilai Rp731 juta, kemudian Everest Titanium senilai Rp871 juta, dan Ranger Raptor dipatok seharga Rp1,103 miliar.