Android 14 Kini Tersedia di Perangkat OnePlus Open

JAKARTA – Sistem operasi Android 14 telah diluncurkan beberapa bulan yang lalu. Android 14 sudah diluncurkan di ponsel Pixel, Samsung, iQOO, dan masih banyak lagi. Kini, sistem tersebut akan diluncurkan di OnePlus.

Berdasarkan laporan 9to5google, pembaruan Android 14 sudah tersedia untuk para pengguna OnePlus Open di AS. Perangkat tersebut dirilis beberapa minggu setelah peluncuran Pixel 8, tetapi perubahan sistemnya baru dilakukan.

Sebenarnya, peluncuran sistem ini sudah dilakukan sejak akhir Januari lalu, tetapi baru ke beberapa pengguna. OS ini terus diluncurkan secara bertahap hingga akhirnya bisa dirasakan oleh seluruh pengguna ponselnya.

Pembaruan ini memerlukan kapasitas 2,5GB. Setelah pengguna memperbarui sistem Android mereka, OnePlus Open akan mendapatkan fitur baru dan patch keamanan terbaru versi Februari 2024.

Beberapa fitur yang akan diluncurkan adalah File Dock untuk menarik dan melepas konten antara aplikasi dan perangkat. Selain itu, ada Smart Cutout untuk memisahkan subjek dari latar belakang foto atau video dan Extraction Content untuk mengekstrak teks dan gambar.

Sementara itu, untuk patch keamanan, Android 14 akan meningkatkan manajemen izin terkait foto dan video, meningkatkan vitalisasi ROM, meningkatkan stabilitas fungsi aplikasi, dan mengoptimalkan kinerja dari kompresi aplikasi.

Android 14 nantinya memiliki fitur pelacakan karbon yang memvisualisasi emisi karbon, menambahkan nada dering bertema Aquamorphic, mengubah suara notifikasi sistem, dan meningkatkan animasi sistem dengan lebih halus.