Tencent Cloud dan Mobily Luncurkan Program Go Saudi untuk Hadirkan Platform Cloud

 

JAKARTA – Tencent Cloud dan Mobily, perusahaan penyedia layanan seluler, meluncurkan program Go Saudia. Program ini dibuat untuk merevolusi lanskap digital di Kerajaan Arab Saudi. 

Melalui kemitraan ini, Tencent dan Mobily ingin mendiversifikasi solusi bisnis menggunakan teknologi baru. Mereka akan menggunakan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), Cloud, Big Data, dan Immersive Convergence. 

Diluncurkan di acara LEAP 2024, Go Saudia akan fokus pada peluncuran platform cloud yang dibangun dan didukung oleh Tencent. Program ini akan menyediakan layanan Information Technology (IT) terintegrasi, termasuk Komputasi, Basis Data, dan layanan lainnya. 

Platform ini akan digunakan untuk menciptakan sejumlah layanan baru dan AI generasi berikutnya. Beberapa kemampuan AI yang mungkin dibuat oleh Mobily adalah kemampuan pemrosesan media, komunikasi real-time, hosting streaming, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Mobily akan menggunakan kemampuan Tencent Cloud Mini Program Platform (TCMPP) untuk menyediakan layanan live harian yang terintegrasi. Layanan ini dibuat untuk menghubungkan pelanggan dan para pengguna internet dengan perusahaan. 

Chief Executive Officer of Mobily Salman Bin Abdulaziz Al Badran mengatakan bahwa kolaborasi ini akan meningkatkan bisnis perusahaannya. Kemitraan ini juga memiliki peranan yang cukup penting dalam memperluas bisnis dari Mobily. 

"Tencent Cloud memungkinkan kami untuk tidak hanya meningkatkan skala bisnis perusahaan kami lebih jauh, tetapi juga memainkan peran yang jauh lebih aktif dalam meningkatkan profil Kerajaan Arab Saudi sebagai pusat pilihan bagi bisnis global yang berekspansi ke wilayah tersebut," ungkap Salman dalam keterangan yang VOI terima. 

Sementara itu, Senior Executive Vice President and Chief Executive Officer of Tencent Cloud Dowson Tong menjelaskan bahwa kehadiran platform cloud ini akan memberikan kemampuan baru yang lebih canggih bagi Mobily. 

Dowson mengatakan bahwa perusahaannya telah melayani lebih dari satu miliar pengguna selama lebih dari 20 tahun. Oleh karena itu, Dawson yakin bahwa platform yang perusahaannya kembangkan mampu mendukung perkembangan teknologi di Arab Saudi. 

"Kami yakin dengan pengetahuan dan keahlian kami untuk mendukung pengembangan dan pengoperasian pusat bisnis, hiburan, dan media global yang direncanakan untuk Arab Saudi. Kami berharap dapat mendukung aspirasi KSA untuk menjadi launchpad pilihan bagi perusahaan-perusahaan global di kawasan ini," tutur Dawson.