Film "The Bikeriders" Hadir dan Lahirkan Motor Edisi Spesial Harley-Davidson

JAKARTA - Para pecinta motor klasik dan penggemar film tak lama lagi akan disuguhkan film "The Bikeriders" yang akan tayang perdana di bioskop Amerika Serikat pada tanggal 21 Juni 2024.

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Jeff Nichols, terinspirasi dari buku fotografi hitam putih legendaris karya Danny Lyon berjudul "The Bikeriders" yang terbit pertama kali pada tahun 1968. 

Film ini menceritakan tentang sebuah klub motor di Midwest yang bergulat dengan nilai-nilai moral mereka. Pendiri dan pemimpin klub, Johnny (Tom Hardy), mengendarai motor Harley-Davidson FLH 1956 yang dimodifikasi dan menjadi inspirasi untuk motor edisi terbatas Harley-Davidson Hydra-Glide Revival 2024.

Dilansir laman perusahaan, 1 Maret, disebutkan kisah menarik di balik layar terjadi ketika CEO Harley-Davidson Motor Company, Jochen Zeitz, dan Wakil Presiden Desain dan Direktur Kreatif Sepeda Motor, Brad Richards, mengunjungi lokasi syuting film "The Bikeriders" di Cincinnati, Ohio. Mereka tak hanya mengamati proses syuting, tetapi juga membaca naskah film.

Saat membaca adaptasi buku karya Nichols, Richards merasakan kekaguman yang mendalam terhadap Johnny, yang ia sebut sebagai "orang baik di dalam klub." Karakter ini mewakili para mantan tentara Perang Dunia II yang mendirikan klub motor untuk membangun komunitas, berpetualang dengan motor untuk kesenangan.

Meskipun Johnny tidak luput dari kesalahan, bahkan tak ragu membakar bar lokal dengan brutal setelah perkelahian yang brutal, Richards mengatakan, "Dia memiliki prinsip, berkelas, dan jika ada anggota klub yang layak dirayakan, ya itu dia."

Sekembalinya ke Milwaukee, Richards masih terpesona dengan karakter Johnny dan memutuskan untuk membuat sketsa motor berbasis Heritage Softail dengan skema cat merah-putih ala "garis miring" seperti motor Johnny. Sketsa tersebut kemudian menjadi Harley-Davidson Hydra-Glide Revival yang diproduksi secara terbatas.

Harley-Davidson Hydra-Glide Revival 2024 merayakan 75 tahun Hydra-Glide

Edisi Hydra-Glide Revival merupakan model keempat dalam koleksi "Icons Motorcycle Collection" dan sekaligus merayakan 75 tahun penggunaan desain suspensi depan Hydra-Glide.

Meskipun desain suspensi Hydra-Glide pertama kali diperkenalkan pada tahun 1949, secara keseluruhan motor ini justru mengambil gaya khas Harley-Davidson era pertengahan 1950-an. Hal ini terlihat dari penggunaan warna cat merah dan putih, serta grafis speedometer yang terinspirasi dari motor tahun 1954 hingga 1956.

Selain itu, Hydra-Glide Revival juga dipenuhi dengan krom, mulai dari emblem, pelek, hingga filter udara. Jok tunggalnya berlapis kulit dengan pinggiran berumbai, piping putih, dan jahitan merah, serta dilengkapi dengan saddle bag yang bisa dikunci dengan motif senada. Tak ketinggalan, motor ini juga dilengkapi dengan windshield two-tone yang bisa dilepas pasang.

Sebagai edisi spesial, hanya 1.750 unit Hydra-Glide Revival yang akan diproduksi dan ada emblem edisi khusus di atas setang motor namun soal harganya belum diumumkan secara resmi, dan motor edisi spesial ini akan dipajang di Daytona Bike Week yang berlangsung mulai 2 hingga 9 Maret ini.