Samsung Hadirkan Kartu MicroSD Berstandar SD Express Sebagai Solusi Kebutuhan Aplikasi AI

JAKARTA — Samsung memperkenalkan kartu microSD dengan format SD Express. Menurut Samsung, kartu memori buatan mereka merupakan SD Express pertama dengan kecepatan paling tinggi. 

Perusahaan itu merilis dua macam kartu memori, yaitu microSD card 256GB dengan kecepatan baca mencapai 800MB per detik dan microSD card 1TB dengan ultra high speed-1 (UHS-1) yang memiliki kecepatan baca hingga 985MB per detik. 

Wakil Presiden Tim Biz Produk Merek Memori Samsung Electronics, Hang Sohn, mengatakan bahwa microSD card buatan Samsung menawarkan kinerja seperti SSD. Alat penyimpanan ini bisa memenuhi kebutuhan aplikasi modern bertenaga AI. 

"Dengan dua kartu microSD baru kami, Samsung telah memberikan solusi efektif untuk mengatasi meningkatnya permintaan komputasi seluler dan AI pada perangkat," kata Sohn, dikutip VOI dari blog perusahaan pada Kamis, 29 Februari. 

Kartu MicroSD yang diproduksi Samsung bisa setara dengan SSD karena kecepatannya yang berbeda dari kartu memori biasa. Kartu berbasis SD Express ini diklaim 1,4 kali lebih cepat dari SSD SATA yang memiliki kecepatan baca 560MB per detik. 

Dengan kecepatan yang sangat tinggi, Samsung yakin bahwa kartu microSD ini bisa menghadirkan pengalaman komputasi terbaik di berbagai aplikasi, baik di PC maupun perangkat seluler. Kartu memori ini juga diyakini menawarkan kinerja yang stabil. 

Kartu microSD dengan kecepatan paling tinggi, yaitu SD Express UHS-1, dibuat dari delapan lapisan V-NAND 1TB generasi kedelapan, hanya saja wujudnya diperkecil. Kartu ini telah lolos pengujian ketat dan akan dirilis pada kuartal ketiga tahun ini.