VinFast Daftarkan Paten Motor Listriknya di India, Apa Kelebihannya?

JAKARTA - Produsen kendaraan listrik asal Vietnam yakni VinFast tampaknya sangat serius menggarap pasar India. Belum lama resmi peletakan baru pertama untuk pabrik manufakturnya di India, kini perusahaan tersebut telah mendaftarkan paten desain untuk salah satu skuter listrik. 

Mengutip dari laman Autocar India, Rabu, 28 Februari, VinFast terkenal dengan mobil listrik premiumnya, tetapi perusahaan juga memiliki berbagai skuter listrik yang dijual di pasar dalam negeri. Salah satu skuter tersebut adalah Klara S, yang merek dagang desainnya kini didaftarkan di India.

Melihat spesifikasinya, Klara S dilengkapi dengan motor hub dengan daya maksimal 3 kW, dan kecepatan tertinggi menyentuh angka 78 km/jam serupa dengan TVS iQube yang populer di India. 

Menariknya, motor satu menggunakan baterai LFP dengan kapasitas 3,5 kWH dan mampu menempuh jarak 194 km dengan berat pengendara 65 kg dan kecepatan stabil di angka 30 km/jam.

Seperti diketahui, baterai LFP lebih berat daripada Li-ion, namun VinFast berhasil menurunkan bobot hingga 122 kg.  

Lebih detailnya, Klara S mendapat roda depan berukuran 14 inci serta rem cakram depan dan belakang. Selain itu kompartemen di bawah kok mencapai 23 liter, tentunya bisa membawa berbagai kebutuhan. 

Soal harga, motor listrik satu ini dijual di Vietnam dengan harga 35.000.000 dong atau kisaran Rp22 jutaan.