KPU Mulai Rekapitulasi Nasional Suara Pemilu 2024 Hari Ini

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengadakan rapat pleno rekapitulasi Pemilu 2024 secara nasional. Rapat dijadwalkan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB, Rabu 28 Februari.

"Hari ini, 36 panitia pemilihan luar negeri (PPLN) telah hadir di kantor KPU untuk mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara yang akan dimulai hari Rabu 28 Februari," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam jumpa pers di kantor KPU, Selasa 27 Februari..

Hasyim juga menginformasikan, dari 128 PPLN yang telah hadir, 127 di antaranya telah melakukan pleno rekapitulasi perolehan suara. Dari 128 PPLN itu, hanya Kuala Lumpur, Malaysia, yang akan melakukan pemungutan suara ulang.

Rapat pleno terbuka ini akan dihadiri oleh saksi dari masing-masing peserta pemilu, Bawaslu, DKPP, dan para pemangku kepentingan terkait. Seluruh proses rapat juga akan disiarkan secara langsung.

"Akan hadir saksi dari masing-masing peserta pemilu, termasuk peserta pemilu presiden-wakil presiden, partai politik, dan saksi dari peserta pemilu perseorangan calon DPD. Rapat juga akan dihadiri oleh Bawaslu, DKPP, dan para pemangku kepentingan terkait," tambahnya.