SPK Toyota Tembus 2.540 Unit di IIMS 2024 dan Raih Ragam Penghargaan
JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatatkan penjualan mengesankan dalam ajang IIMS 2024 yang berakhir Minggu, 25 Februari.
Berdasarkan data yang diterima VOI, penjualan Toyota di pameran ini naik 30 persen dari tahun lalu. Dimotori oleh Kijang Innova Zenix HEV yang mencatat 411 SPK, berkontribusi terhadap 16.2% dari total keseluruhan pesanan mobil baru Toyota yang tembus 2.540 SPK. Toyota Avanza dengan 380 SPK (15 persen) menempati posisi ke 2 yang diikuti Yaris Cross HEV di posisi ke-3 dengan 217 SPK (8.5 persen). Veloz dengan 190 SPK (7.5 persen) dan Kijang Innova Zenix Gasoline dengan 180 SPK (7.1 persen) kemudian menyusul di posisi ke-4 dan ke-5.
“Terima kasih atas kepercayaan pengunjung IIMS 2024 yang telah memilih kendaraan Toyota yang didukung mobility ecosystem komplit dan lengkap. Dengan Multi Pathway Strategy, TAM menyediakan pilihan kendaraan elektrifikasi (xEV) yang semakin diterima semua segmen masyarakat, mulai dari kebanggaan lokal Yaris Cross HEV dan Kijang Innova Zenix HEV, hingga All New Vellfire HEV yang launching di gelaran ini,” kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, dalam keterangan resminya, Rabu, 28 Februari.
Ia juga menambahkan, pencapaian ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif terutama kendaraan elektrifikasi akan tumbuh semakin kuat ke depannya sekaligus mendorong roda perekonomian negara.
Khusus dominasi raihan 411 SPK Kijang Innova Zenix HEV yang memimpin performa penjualan Toyota di ajang IIMS layaknya mampu merefleksikan apresiasi masyarakat terhadap model elektrifikasi secara umum dan Kijang secara spesifik.
Di samping tentunya DNA Toyota Kijang dari sisi fungsionalitas, ketangguhan, dan keandalan berkendara yang tetap dapat diwarisi dengan baik. Belum ditambah garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km untuk menghadirkan peace of mind bagi penggunanya. Catatan resale value model-model elektrifikasi Toyota juga cenderung tinggi, dan bahkan pada beberapa model lebih baik dibanding varian bermesin bensinnya.
Sempat mengundang perhatian Presiden Joko Widodo saat opening ceremony IIMS 2024, Yaris Cross HEV siap menjadi kekuatan baru kendaraan elektrifikasi Toyota dengan 217 SPK. Cross SUV produksi anak bangsa ini, menggunakan hybrid powertrain yang 40 - 50 persen lebih efisien dari kendaraan bermesin bakar konvensional dengan konsumsi bensin mencapai 31 km/liter, yang juga berarti emisinya sangat rendah mengingat mesin bensin kian jarang beroperasi.
Sementara itu, dari penjualan xEV Toyota di event IIMS 2024, selain Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV, pendatang baru All New Vellfire HEV langsung mencatatkan penjualan dengan 55 SPK bersama saudaranya Alphard HEV yang mendapatkan 57 SPK. Sehingga jika ditotal bersama HEV Toyota lainnya, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota di pameran skala internasional ini mencapai 762 SPK atau sekitar 30 persen dari total SPK Toyota. Hal itu juga berarti meningkat 5 kali lipat dari SPK xEV Toyota di IIMS tahun lalu di angka 150 SPK.
Penjualan kendaraan ICE Toyota yang sangat diminati masyarakat juga tampil menjanjikan di pameran ini dilihat dari tingginya SPK Avanza, Veloz, Raize, dan Kijang Innova Zenix Gasoline.
Baca juga:
Penghargaan IIMS
Complete Mobility Ecosystem yang ditampilkan oleh PT TAM di ajang IIMS 2024, berbuah manis berupa penghargaan atas berbagai jenis mobility solution yang dipajang sesuai segmen dan kebutuhan pelanggan. Berikut daftar kendaraan Toyota yang mendapatkan penghargaan di event IIMS 2024:
- Best Medium MPV : Kijang Innova Zenix
- Best Premium MPV : All New Vellfire HEV
- Best Hatchback : GR Corolla
- Best Commercial Vehicle : Hilux Rangga
“Komitmen Toyota untuk menghadirkan Total Mobility Solution yang sesuai kemampuan pelanggan beserta ekosistem pendukung yang lengkap dan terpercaya, diyakini mampu memaksimalkan kepuasan pelanggan sehingga meningkatkan loyalitas kepada mobility solution Toyota. Sejalan kampanye IT’S TIME FOR EVERYONE, Toyota akan menghadirkan lebih banyak lagi kendaraan elektrifikasi di masa depan guna mendukung partisipasi masyarakat yang lebih luas untuk mencapai netralitas karbon dan menghadirkan ever-better cars,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.