Sampoerna University Gelar FETO 2024 untuk Tingkatkan Kesadaran dalam Menggunakan AI

 

JAKARTA — Sampoerna University menggelar Festival of Engineering and Technology (FETO) 2024 dengan tema InnovaEthix: Pioneering a Virtuous and Secured Digital Future pada Jumat, 22 Februari. 

Dipelopori oleh BEM Fakultas Teknik dan Teknologi Sampoerna University, festival ini akan memberikan pemahaman yang mendalam mengenai teknologi saat ini. FETO 2024 juga akan membagikan berbagai pandangan dan pemanfaatan dari teknologi. 

FETO 2024 merupakan festival tahunan yang mendapatkan dukungan penuh dari Sampoerna University. Tahun ini, FETO 2024 akan membahas tentang perkembangan teknologi terkini dan ketergantungan masyarakat terhadap Kecerdasan Buatan (AI). 

Joel Nathanael, FETO Project Leader, mengatakan bahwa kebutuhan AI semakin tinggi sehingga pemakaiannya perlu diperhatikan. Semakin tinggi kebergantungan masyarakat terhadap AI, semakin besar juga dampak buruk yang bisa dihasilkan. 

"Semakin lama semakin kebergantungan dengan AI. Kenapa sedikit-sedikit AI? Dari situ, saya mengangkat AI sebagai salah satu topik di FETO tahun ini dan itu untuk raise awareness tentang penggunaan AI secara etika," kata Joel saat sesi Media Briefing. 

Sejalan dengan pernyataan Joel, Dean of Faculty of Engineering and Technology Sampoerna University Surya Danusaputro Liman mengatakan bahwa teknologi AI memiliki dua sisi yang perlu diperhatikan, yaitu sisi yang menguntungkan dan juga merugikan. 

"Kita tahu, AI itu seperti two-edged sword, pedang yang dua belahnya tajam, tergantung dari penggunaan karena AI itu salah satu tool yang bisa digunakan secara baik untuk menolong kita, tetapi bisa juga disalahgunakan," ujar Surya. 

Melihat pentingnya topik ini, Surya merasa bahwa FETO 2024 akan menjadi sarana yang tepat untuk membahas teknologi dan membangun kesadaran mengenai pentingnya pemahaman AI. Festival ini dipercaya akan memelopori universitas lainnya.

"Sebagai salah satu fakultas yang mengutamakan teknologi, terutama di masa-masa sekarang ini. Sampoerna University itu adalah internasional standart university, maka sangat penting bagi Faculty of Engineering untuk mengikuti perubahan." 

FETO 2024 akan digelar selama dua hari di The Forum, Lippo Mall Puri mulai tanggal 23 Februari hingga 24 Februari. Festival ini memiliki booth dari beberapa pengembang aplikasi dan akan menghadirkan berbagai seminar teknologi.