Unik! 5 Makanan ini Berbahan Pelepah Pisang, Penasaran dengan Rasanya?

JAKARTA – Seni tradisi Nusantara, wayang, juga memanfaatkan pelepah pisang untuk ‘jagad’ ditancapkannya sejumlah tokoh wayang ketika pergelaran. Mungkin Anda tak mengira bahwa batang pisang juga diolah sebagai makanan sehari-hari di beberapa daerah di Indonesia.

Penasaran dengan jenis makanan tersebut? Ya, tersebutlah tannin, glukosa, dan kalium terkandung dalam batang pisang. Selain jantung pisang yang nikmat di sayur lodeh maupun campuran pecel, batangnya juga bermanfaat dan bernutrisi.

Pisang merupakan tumbuhan suku Musaceae yang mudah dikembangbiakkan di kawasan beriklim tropis dan kelembapan sedang. Di daerah dengan curah hujan tinggi, pisang dapat tumbuh dan berbuah sepanjang tahun.

Pelepah atau dikenal juga dengan gedebog pisang mengandung banyak serat dan tak jarang diolah menjadi aneka ragam hidangan di bawah ini.

Jukut ares

Jukut ares adalah makanan dari Bali berupa sayuran berbahan pelepah pisang yang masih muda. Saat musim hujan, pohon pisang banyak tumbuh tunas. Karena itu dapat diolah menjadi kebutuhan rumah tangga untuk lauk dan penghangat tubuh kala musim penghujan.

Rasa jukut ares seperti labu oyong yang cenderung tawar. Namun, ketika diolah oleh tangan-tangan terampil, rasanya gurih dan pekat.

Ilustrasi jukut ares (Sumber: Visitbali)

Agar gurihnya lebih berpendar, ketika memasak ditambahkan tulang itik atau ayam. Belum lagi aroma serai, daun salam, dan lengkuas yang menambah harum masakan daerah Bali.

Supaya tidak keras ketika dimasak, jukut dicampur garam dan diremas-remas hingga lemas. Ketika Anda berwisata ke Bali, dapat mencari restoran tradisional di tepian jalan kawasan Kabupaten Tabanan. 

Pa piong bura

Dari Pulau Bali meluncur menuju Sulawesi Selatan, Tana Toraja. Di kawasan ini terdapat kuliner lezat disebut pa piong bura. Secara pengolahan, pa piong bura berbeda dengan jukut ares. Pa piong bura secara tekstur seperti serundeng.

Diolah dengan dibakar dan ditambah lagi dapat dicampurkan kelapa agar lebih legit. Pa piong bura bisa dicampurkan dengan ikan, daging ayam atau daging babi. Pada umumnya, pa piong bura akan selalu dihidangkan saat acara-acara adat.

Rujak pelepah pisang

Kalau masakan yang ini, terkenal dari Thailand dan India. Untuk memperkaya rasa, rujak dicampur dengan tomat, buncis, ebi, dan cabai rawit. Rujak batang pisang terasa segar dan pedas.

Ilustrasi pohon pisang (Unsplash/Yan Berthemy)

Gapah kari bak pisang

Masakan berbahan batang pisang selanjutnya dari Aceh. Sudah pernah mencicip masakan berbumbu kari khas Aceh? Seperti itulah lezatnya gapah kari bak pisang. Gurih, legitnya santan berpadu di mulut ketika sejak suapan pertama seluruh isi piring habis.

Keripik batang pisang

Di berbagai daerah di Jawa Timur maupun Jawa Tengah memproduksi keripik batang pisang. Mulai dari Bojonegoro hingga Wonogiri mengolah batang pisang menjadi camilan krispi dengan berbagai rasa.

Pengolahan keripik pelepah pisang membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu. Proses ini dilakukan produsen untuk memastikan getahnya hilang dan menjaga kualitas rasa.

Menarik bukan makanan-makanan yang berbahan pelepah pisang? Jangan lupa mencicipinya saat Anda melakukan perjalanan ke kawasan di atas.