Restu Ibu Jadi “Jimat” Cakra Khan dalam Bermusik

JAKARTA - Bertahan di industri musik selama 12 tahun tentunya tidak mudah bagi Cakra Khan. Namun ia mampu melaluinya secara konsisten dengan karya-karya baru.

Diakui Cakra bahwa restu ibu punya peran besar dalam setiap keputusan yang diambilnya selama bermusik. Ia juga selalu minta didoakan ibunya ketika tampil.

"Itu pasti (minta doa ke ibu). Kalau mau naik panggung pasti bilang dulu, ‘Ibu, doain’,” kata Cakra Khan di Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 12 Februari.

Dalam proses penggarapan lagu-lagu di album terbaru, Cakra juga sering berkomunikasi dengan sang ibu. Bahkan ia menyebut ibunya memantau perkembangan setiap lagu.

"Karena ibu selalu memantau, dia tanya 'Dek, sekarang lagi ngapain? Dek, progresnya gimana?'. Jadi, meskipun bukan hasil akhir, saya kebiasaan dari dulu setiap habis rekaman selalu saya setorkan (ke ibu). Karena ibu selalu pengin tahu," tutur Cakra Khan.

"Ke ibu dulu, 'Dek enakeun (bagus) oke. Dek sebelah sini kayaknya ini nih', kadang kayak gitu juga," imbuhnya.

Diakui Cakra, hal tersebut sudah dilakukan sejak awal berkarier di dunia musik. Bukan tanpa alasan, rasa khawatir dan peduli sang ibu membuat Cakra menjadi terbiasa.

"Dari pertama (nyanyi). Karena dia (ibu) suka khawatir saja terus. Takut saya nggak bisa bawainnya dengan maksimal atau ibu saya takut lagunya kurang cocok," katanya.

Terlebih, Cakra juga mengaku ibunya adalah sosok yang cukup kritis, terlebih setelah dirinya memutuskan untuk berkarier di dunia hiburan.

"Karena dari dulu ibu memang sedikit kritis. Dari semenjak suara gua berubah, dari SD sampai ke kasar kayak gini, ibu bilang ‘Aduh, nggak enak suaranya. Jangan bawain lagu ini'," pungkas Cakra Khan.