Penguasa Balap Tahun 60-an Ini Bakal Dilelang, Diprediksi Bisa Tembus Rp60 Miliar 

JAKARTA - Rumah lelang Gooding & Company akan melelang satu unit Porsche RS61 tahun 1961 langka pada pada tanggal 29 Februari ini di acara lelang Amelia Island. 

Mobil dengan nomor rangka 718-086, awalnya diserahkan kepada pembalap Austria, Hermann Muller, pada bulan Februari 1961 dan menjadi satu dari hanya 14 unit yang diproduksi untuk pelanggan yang bisa dipakai di jalan raya dengan finishing perak dengan interior merah.

Menariknya dilansir dari laman rumah lelang, 10 Februari, pada tahun 1963 justru dengan mengendarai mobil versi pelanggan ini Muller memenangkan kelas di Trophée d’Auvergne, balapan Kejuaraan Dunia Sportscar FIA yang diadakan di sirkuit Charade Prancis. 

Kemudian, ia menjual mobil tersebut kepada Dr. Dawie S. Gous, dan menggunakannya untuk memenangkan Kejuaraan Mobil Sport Afrika Selatan pada tahun 1964. Mobil ini berpindah tangan dan sampai ke California, AS, selama dekade berikutnya mobil ini hanya dipamerkan saat ada balapan hingga pertengahan 1970-an.

Jika dilihat dari awal sejarahnya, Porsche meraih kesuksesan balap awalnya dengan versi 550S, namun baru dengan penerusnya, 718 RSK Spyder, merek ini mulai menjadi langganan podium di acara balap terbesar. Selanjutnya Porsche memperkenalkan versi puncak dari model ini mobil ini RS60, yang debut pada awal 1960. 

RS60 roadster berbodi aluminium memiliki wheelbase lebih panjang dari pendahulunya dan menawarkan penanganan yang lebih baik berkat suspensi canggih dan roda berukuran lebih kecil 15 inci. Ini juga dilengkapi dengan mesin empat-kam Type 547/3 yang kuat yang menghasilkan tenaga 175 hp, memungkinkan mobil berbobot 549 kg ini bersaing dengan mobil sport berkapasitas besar lainnya di acara balap terbesar.

Baru pada tahun berikutnya, Porsche memperkenalkan versi terakhir dari 718 RSK Spyders, RS61. Ini adalah versi untuk pelanggan yang bisa digunakan di jalan raya dari RS60 yang sama persis dalam segala hal kecuali nama. Meski versi ini merupakan versi untuk pelanggan dari Spyder, namun kekuatan mesinnya terbukti diperhitungkan di dunia balap.

Saat ini, kurang dari 30 unit RS60/61 yang masih bertahan, kemunculan 718-076 di lelang dengan kondisi mobil dan mesin yang terawat baik merupakan peluang yang sangat menarik bagi para kolektor untuk memperoleh salah satu model kompetisi paling penting dan paling dicari dalam sejarah merek Porsche.

Mengerti hal ini, Gooding & Company memiliki ekspektasi yang cukup tinggi untuk RS61 ini. Rumah lelang ini memperkirakan mobil balap ini akan terjual dengan harga antara 4 hingga 5  juta dolar AS ketika dilelang atau setara Rp62,4 miliar-Rp78 miliar.