Segmen Hybrid Bergairah di Indonesia, Begini Tanggapan Hyundai

JAKARTA - Segmen mobil hybrid di Indonesia semakin beragam dan bergairah, di mana pabrikan Jepang menjadi salah satu yang paling serius dalam menggarap pasar ini, bahkan dapat mendongkrak penjualan. 

Sebut saja Suzuki yang mencatat peningkatan penjualan hybrid yang luar biasa. Pada September tahun 2023, segmen hybrid berhasil mencatat angka 42 persen di segmen mobil penumpang. 

Toyota juga memiliki model hybrid yang sangat diminati pada tahun 2023 silam, seperti Kijang Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle) berhasil menjadi lokomotif penjualan xEV Toyota dengan total wholesales 27.705 unit di tahun 2023.

Berkaca dari hal di atas tentu menjadi sesuatu yang menjanjikan. Namun jenama asal Korea Selatan yaitu Hyundai ternyata belum tertarik untuk masuk ke segmen hybrid, baik memproduksi maupun menjualnya. 

"kita fokus di ICE dan EV, belum ada rencana (hybrid)," kata Chief Marketing Officer Hyundai Motors Indonesia (HMID) Budi Nur Mukmin dalam Media Gathering di Jakarta, Selasa, 6 Februari lalu. 

 

Saat ini Hyundai memang berkomitmen untuk berinvestasi (di segmen ICE dan EV). Memang saat ini Hyundai memiliki ragam model mobil termasuk listrik yang menjadi primadona banyak pecinta otomotif. 

"Karena memang kita sudah berkomitmen untuk berinvestasi di situ dan saya rasa juga pasar mobil listrik akan terus berkembang," tambahnya. 

Hyundai sendiri bakal menambah jajaran model mobil di Indonesia, akan ada hingga 6 mobil baru yang akan diperkenalkan di Tanah Air hingga akhir tahun ini, termasuk mobil listrik.