Penyebab Asap Hitam pada Mesin Diesel dan Cara Memperbaikinya

YOGYAKARTA – Penyebab asap hitam pada mesin diesel secara umum disebabkan karena pembakaran yang tidak seimbang. Kondisi tersebut juga menandakan bahwa ada masalah pada mesin terutama yang berkaitan dengan ruang bakar mobil.

Dikutip dari situs NW Fuel Injection Service, warna asap yang keluar dari kendaraan mesin diesel normalnya berwarna abu-abu gelap. Lalu apa penyebab munculnya asap hitam tersebut?

Penyebab Asap Hitam pada Mesin Diesel

Setidaknya ada tiga penyebab munculnya asap hitam pekat pada kendaraan bermesin diesel yakni sebagai berikut.

  1. Terlalu banyak bahan bakar solar di ruang bakar.
  2. Bahan bakar masuk ke ruang bakar terlalu dini karena timing pompa injeksi yang salah.
  3. Terlalu sedikit udara karena pembatasan asupan.
  4. Penggunaan bahan bakar yang kotor dan berkualitas rendah.
  5. Filter bahan bakar kotor.

Cara Menghilangkan Asap Hitam pada Mesin Diesel

Untuk menghilangkan asap hitam perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu pada mesin baru bisa diputuskan perbaikan seperti apa yang harus dilakukan. Pengecekan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Cek Throttle Body

Throttle body berfungsi sebagai pengaturan udara ke ruang mesin. Jika angin yang masuk ke dalam mesin terlalu sedikit akan terjadi pembakaran yang tidak seimbang. Cobalah untuk memeriksa ada atau tidaknya kerak yang membuat aliran terhambat. Lakukan pembersihan kerak dengan sikat yang sesuai.

  1. Bersihkan Nozzle

Nozzle termasuk komponen dalam sistem injeksi bahan bakar di diesel. Saat nozzle tersumbat karena kotoran maka pembakaran jadi kurang efisien. Untuk membersihkannya, lepas nozzle lalu bersihkan dengan cairan pembersih khusus.

  1. Ganti Filter Udara

Filter udara yang kotor dan usang bisa jadi pemicu asap kenalpot hitam pekat. Kotoran pada filter udara membuat udara yang masuk ke mesin jadi terhambat. Untuk mengatasinya ganti filter udara dengan yang baru.

  1. Cek Silinder

Silinder juga ikut menentukan pembakaran bahan bakar terjadi secara sempurna atau tidak. Biasanya silinder bisa berkerak, aus, hingga bocor. Pengecekan silinder harus dilakukan oleh mekanik sehingga tahu apa yang harus dilakukan.

  1. Periksa Pompa Injeksi

Komponen ini berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar. Jika penyemprotan tidak terjadi dengan benar maka pembakaran jadi kurang maksimal. Cobalah untuk memeriksa apakan pompa injeksi bocor atau lemah.

  1. Bersihkan Katup dan Pipa EGR

Bersihkan katup dan pipa EGR untuk menghilangkan asap hitam pekat pada kendaraan diesel. Perlu diketahui bahwa sistem Recirculation Gas Buang (EGR) membantu mengontrol jumlah gas buang yang kembali ke mesin.

  1. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Penggunaan bahan bakar kualitas rendah juga memicu munculnya asap hitam. Pasalnya bahan bakar kualitas rendah biasanya mengandung kotoran yang akan menyumbat ruang pembakaran hingga terbuang lewat emisi.

Pemilik kendaraan juga disarankan untuk mengetahui cara merawat mesin diesel agar kendaraan lebih awet.

Itulah beberapa penyebab asap hitam pada mesin diesel. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.