Pelatih Thailand Senang Theerathon Bunmathan Kembali setelah Cetak 100 Caps

JAKARTA - Thailand akan menghadapi Uzbekistan di partai 16 besar Piala Asia 2023 dengan kekuatan penuh. Kapten Theerathon Bunmanthan sudah kembali dari hukuman akumulasi kartu.

Kondisi itu disambut gembira oleh pelatih Gajah Putih, Masatada Ishii. Pengalaman Theerathon tentu sangat dibutuhkan ketika menghadapi Uzbekistan. Sang kapten telah mengemas 100 caps bersama Thailand pada laga melawan Oman di Grup F.

"Tentunya menjadi nilai tambah bagi kami untuk memiliki dia (Theerathon) kembali ke skuad. Seseorang yang sangat berpengalaman di level internasional," kata Ishii di laman AFC.

"Sebagai salah satu pemain terpenting dalam tim, dia dapat memberikan pengaruh yang besar pada tim. Dia akan menjadikan kami satu tim," ujarnya lagi.

Sementara itu, Thailand punya ambisi melangkah lebih jauh dari babak 16 besar. Sejauh keikutsertaan di Piala Asia, pasukan Gajah Putih paling jauh cuma mencapai 16 besar yang pertama kali terjadi pada edisi 2019 di Uni Emirat Arab.

Lalu, pada lima partisipasi beruntun sejak edisi 1992 sampai menjadi tuan rumah bersama pada 2007, mereka tak pernah lewat dari fase grup.

Karena itu, Ishii ingin mencetak sejarah buat Thailand untuk kali pertama bisa mencapai perempat final Piala Asia.

"Saat kami lolos ke babak 16 besar dengan lima poin, kami mencapai tujuan kami. Namun, sekarang kami ingin terus bersaing di turnamen ini."

"Uzbekistan mempunyai struktur pertahanan bagus dan organisasi permainan yang bagus pula. Mereka suka bekerja di ruang yang dalam. Jadi, kami akan mencoba membuat rencana untuk mengatasi semua itu," tutur Ishii.

Partai Thailand vs Uzbekistan akan tersaji di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, pada Selasa, 30 Januari 2024, pukul 18.30 WIB.