Khusus China, Samsung Singkirkan Gemini AI di Galaxy S24 Series

JAKARTA – Samsung telah memamerkan seri baru dari ponsel Galaxy pada Rabu, 17 Januari lalu. Di acara Galaxy Unpacked, Samsung mengumumkan bahwa Galaxy S24 series akan mengadopsi Galaxy AI.

Branding Samsung kali ini memang mengutamakan fitur Kecerdasan Buatan (AI). Perusahaan ini bahkan bermitra dengan Google untuk mengoptimalkan AI di perangkat mereka menggunakan Model Bahasa Besar (LLM) Gemini.

Meski seluruh tipe Gemini ditambahkan ke perangkat S24 series, pengguna di China tidak akan merasakan kemampuan perangkat lunak tersebut. Secara sengaja, Samsung menyingkirkan Gemin dari perangkat yang mereka jual di China.

Hal ini terjadi karena konflik antara Google dengan pemerintah China sejak tahun 2010. Setelah pemerintah setempat meretas perusahaan teknologi tersebut, Google mulai melanggar aturan yang ditetapkan di China.

Ketidakpatuhan ini membuat China enggan menyambut Google. Oleh karena itu, jalan satu-satunya bagi Samsung adalah menyingkirkan komponen AI buatan Google dari perangkat mereka. Namun, S24 series di China tetap menjadi perangkat AI.

Sebagai alternatif, Samsung bermitra dengan Baidu, perusahaan layanan web asal China, untuk mengembangkan Galaxy AI di S24 series. Model AI bernama Ernie yang dikembangkan langsung oleh Baidu akan menggantikan Gemini.

Berdasarkan laporan CNBC, Baidu akan menggunakan versi terbaru dari Ernie. Dengan model 4.0, Ernie diklaim sebagai model AI terkuat yang pernah Baidu kembangkan. Perangkat ini juga disebut sama canggihnya dengan GPT-4 OpenAI.