ETF Bitcoin Spot Bakal Hadir di Hong Kong Pertengahan Tahun Ini

JAKARTA – Dua pekan setelah Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui proposal Exchange Traded Funds (ETF) Bitcoin Spot, kini produk investasi tersebut digadang-gadang bakal segera tersedia di luar AS, tepatnya di Hong Kong. Salah satu bursa kripto lokal OSL dikabarkan bakal menyediakan layanan ETF Bitcoin Spot.

Rencana tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif dan Kepala Urusan Regulasi OSL, Gary Tiu. Dia menjelaskan bahwa bursa kriptonya yang sudah teregulasi akan memperkenalkan ETF Bitcoin Spot pertamanya yang akan diluncurkan pada pertengahan 2024 ini.

Saat ini OSL tengah menjalin komunikasi dengan berbagai perusahaan manajer aset terkemuka untuk membahas peluncuran produk investasi ETF Bitcoin Spot di Hong Kong. Tercatat sekitar 50 persen perusahaan investasi berencana meluncurkan produk serupa, berdasarkan paparan Tiu.

Lebih lanjut, Tiu menekankan perlunya mempertahankan biaya yang wajar supaya produk anyar ini dapat diakses publik. Salah satu cara menekan biaya adalah dengan  bekerja sama dengan perusahaan terkait, mengingat jumlah terbatas bursa kripto yang mendapat izin beroperasi di kota tersebut, seperti dilansir Coinspeaker.

Dia juga mencatat berbagai manfaat yang terkait dengan ETF, termasuk menciptakan pasar yang teratur untuk aset digital yang mendasarinya, membentuk model perlindungan investor lokal, dan memfasilitasi integrasi antara platform aset digital yang diatur dengan lembaga keuangan tradisional.

Pengumuman ini mengikuti pernyataan serupa yang diungkapkan oleh HashKey, bursa kripto berlisensi lain di Hong Kong, yang mengungkapkan pada awal bulan ini bahwa mereka tengah berdikusi dengan perusahaan manajer aset mengenai potensi peluncuran ETF Bitcoin Spot. Livio Weng, Chief Operating Officer HashKey, juga mengungkapkan bahwa sekitar sepuluh perusahaan terkait sedang mengeksplorasi kemungkinan peluncura ETF semacam itu di Hong Kong.