Alat Dekripsi Gratis Kaspersky untuk Korban Ransomware Mencapai 360.000 Unduhan

JAKARTA - Pada akhir tahun 2023, Kaspersky menandai ulang tahun ketujuh sebagai kontributor utama inisiatif No More Ransom. Kaspersky memperluas akses ke alat dekripsi gratisnya, sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memerangi ransomware

Menargetkan 39 jenis ransomware, alat ini telah membantu hampir 2 juta korban secara global. Selain itu, Kaspersky juga semakin memperkuat komitmennya dengan mendirikan situs web 'No More Ransom' miliknya sendiri, melalui kerja sama dengan Kepolisian Nasional Belanda.

Situs web ini merupakan sebuah pusat yang menyediakan rangkaian sumber daya dan alat yang komprehensif untuk memerangi infeksi ransomware, secara gratis. 

Sepanjang sejarahnya, Kaspersky memiliki rekam jejak yang terbukti dalam membangun inisiatif bantuan gratis melawan serangan siber. Sejak tahun 2018 hingga Desember 2023, alat dekripsi Kaspersky telah diunduh lebih dari 360.000 kali. 

“Seiring dengan terus berkembangnya ancaman siber, kolaborasi antara sektor publik dan swasta menjadi semakin penting. Portal 'No More Ransom' dan 'No Ransom' milik Kaspersky memberikan contoh bagaimana upaya kolektif dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam membantu korban dan memberikan saran pencegahan,” kata Jornt van der Wiel, peneliti keamanan senior di Tim Riset dan Analisis Global Kaspersky. 

Kaspersky juga mendorong individu dan organisasi untuk mengandalkan alat dekripsi dan sumber daya yang tersedia melalui upaya kolaboratif, agar memungkinkan mereka mendapatkan kembali data tanpa harus memenuhi pemerasan.