Tengah Malam, Kapolda Metro Jaya Temui Warga Kramat Jakpus

JAKARTA - Jajaran Polda Metro Jaya menyambangi kawasan rawan tawuran di Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Januari, malam.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto didampingi Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, kegiatan sambang wilayah tersebut merupakan kegiatan rutin Kepolisian untuk mendengar langsung permasalahan yang ada di masyarakat.

"Kita konsen dengan permasalahan yang ada di masyarakat. Kami mendengar dan kami mencari solusi," ujarnya kepada wartawan di lokasi, Selasa, 9 Januari, malam.

Selan itu, sejumlah masyarakat juga turut menyerahkan sejumlah senjata tajam di tiap wilayah kepada Polsek setempat. Hal itu dilakukan sebagai bukti kesadaran di kalangan masyarakat bahwa tawuran memiliki dampak negatif.

"Kesadaran masyarakat untuk bersama - sama menanggulangi tawuran. Bukan hanya itu, pencegahan peredaran narkoba dan lain - lain juga kita upayakan," ujarnya.

Selanjutnya, Irjen Karyoto juga menekankan adanya siskamling di lingkungan masyarakat.

"Kalau Siskamling bisa berjalan dengan konvensional dan modern. Modern berarti dimana-mana CCTV banyak. Konvensional, kehadiran polisi bersama petugas kamling, mendengarkan ada masalah apa dan melakukan upaya upaya pencegahan," katanya.

Irjen Karyoto juga meminta agar Tiga Pilar selalu bersinergi hingga ke lapisan bawah demi terciptanya situasi masyarakat yang aman dan kondusif.

Sementara, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, di Jakarta Pusat tercatat ada 126 pos Siskamling yang didirikan.

"Berbagai upaya pencegahan terus dilakukan, sinergitas kami solid. Rutin apel bersama gabungan dengan Koramil. Tantangan kita terkait dengan maraknya kejahatan jalanan, khususnya tawuran yang jadi perhatian. Akhir Desember terjadi tawuran di Kelurahan Kramat. Semoga ini menjadi perhatian bagi kita semua, agar tawuran tidak terjadi lagi," tambahnya.