Kiko Loureiro Sarankan Dave Mustaine Rekrut Kembali Marty Friedman

JAKARTA - Dalam wawancara terbaru dengan majalah Guitar World, gitaris Kiko Loureiro, yang hengkang dari Megadeth pada September lalu, mengungkapkan dirinya menyarankan Dave Mustaine untuk merekrut kembali Marty Friedman sebagai penggantinya.

Namun, pilihan Mustaine jatuh ke tangan gitaris Finlandia Teemu Mäntysaari setelah sebelumnya hanya berperan sebagai gitaris sementara pengganti Loureiro.

“Sebenarnya, saya bahkan mengatakan kepada manajemen dan Dave bahwa menurut saya membawa kembali Marty Friedman akan menjadi hal yang luar biasa,” kata Kiko kepada Guitar World.

"Saya tidak tahu apakah mereka sedang membicarakannya atau berbicara dengan Marty, tapi saya memang mengatakan itu. Tapi sekali lagi, saya tidak tahu lebih jauh dari itu, dan saya tidak ingin membuat sesuatu menjadi lebih rumit."

Loureiro melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia disambut hangat oleh penggemar Megadeth selama sembilan tahun bertugas bersama band thrash metal tersebut.

“Para penggemar tidak pernah mengatakan hal buruk tentang saya atau mengeluh, itu luar biasa,” katanya.

“Tapi saya seorang penggemar, dan saya selalu memahami bahwa Marty adalah bagian dari album ikonik seperti ‘Rust In Peace’ dan ‘Countdown To Extinction’. Saya memahami bahwa Marty adalah orang yang membantu menciptakan sound dan style itu, Anda tahu?"

"Sejak aku bergabung dengan Megadeth, saya tahu para penggemar bisa menunjukkan cinta kepada saya, tapi saya tidak akan pernah memenangkan hati mereka atas Marty."

Friedman mengawal lini gitaris utama Megadeh selama 10 tahun, dari 1990 sampai 2000. Selama satu dekade, gitaris berambut keriting ini ikut menghasilkan lima album studio, yakni Rust in Peace, Countdown to Extinction, Youthanasia, Cryptic Writings, dan Risk plus satu EP (album mini) Hidden Treasures.

Sementara itu, Mäntysaari yang berusia 36 tahun, lahir di Tampere, Finlandia dan mulai bermain gitar pada usia 12 tahun. Pada 2004, ia bergabung dengan band Wintersun dan jadi anggota Smackbound sejak 2015.