Terdampak Kecelakaan Kereta di Cicalengka, Penumpang Dapat Refund 100 persen jika Batalkan Tiket

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah operasi (Daop) 1 Jakarta menyebutkan peristiwa Kecelakaan Kereta Api (KKA) di wilayah Daop 2 Bandung, antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dengan Commuter Line Bandung Raya di kilometer 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka, Jumat (5 Januari 2024) pukul 06.03 WIB berdampak terhadap calon penumpang, terutama keberangkatan dari Jakarta.

“Jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka wilayah Daop 2 Bandung untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut,” kata Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resminya, Jumat 5 Januari 2024.

Ixfan mengatakan kereta api dari Daop 1 Jakarta yang terdampak ada sejumlah relasi atas gangguan tersebut dari Jakarta ke Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Dari Daop 1 Jakarta yang terdampak atas gangguan tersebut yaitu KA 252 dan KA 256 Serayu relasi Pasar Senen – Purwokerto dilakukan rekayasa pola operasi dengan jalan memutar melalui Cikampek – Cirebon Prujakan – Prupuk – Purwokerto. Sedangkan KA 268 Cikurai relasi Pasar Senen – Garut PP dibatalkan," jelasnya.

Ixfan menyampaikan sehubungan dengan terjadinya rintang jalan pada petak jalan Haurpugur - Cicalengka, KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api penumpang.

Sehubungan dengan terjadinya rintang jalan pada petak jalan Haurpugur-Cicalengka. KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api penumpang sebagai berikut:

- Dalam hal penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan penumpang ataupun di tengah perjalanan karena terjadi rintang jalan tersebut yang menyebabkan penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api penumpang dimaksud, maka Perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100 persen diluar bea pesan.

- Dalam hal terjadi penundaan keberangkatan kereta api di stasiun keberangkatan penumpang yang diperkirakan akan berlangsung 1 jam atau lebih dan penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya maka perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100 persen diluar bea pesan.

- Dalam hal penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya dikarenakan menolak untuk menggunakan kereta api dengan rute lain/memutar maka perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100 persen diluar bea pesan.

- Dalam hal stasiun tujuan penumpang menjadi tidak terlewati oleh kereta api dengan rute memutar maka perusahaan sedapat mungkin menyediakan moda angkutan terusan, jika tidak disediakan moda terusannya maka bea tiket dikembalikan 100 persen di luar bea pesan.

Ixfan menyampaikan KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA yang terjadi. Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

"Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain," ujarnya.