Banjir di Pondok Karya Jaksel Capai 1 Meter

JAKARTA - Hujan yang terjadi sejak sore di wilayah Jakarta Selatan mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah. Menurut data BPBD DKI Jakarta, wilayah Pondok Karya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan mengalami banjir setinggi 1 meter.

Kepala Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Mohamad Yohan mengatakan, ada 11 RT yang terdampak akibat banjir tersebut. Namun, untuk ketinggian berbeda-beda di setiap RT di wilayah itu.

“Iya, tiap RT beda-beda. Jadi mungkin itu yang dekat sama kali. Cekungan. Jadi tak bisa disamaratakan semuanya 100 sentimert (1 meter) itu titik tertinggi. Kan yang di data masuk itu masih 30 sentimeter.” kata Yohan saat dikonfirmasi, Kamis, 4 Januari.

Yohan menuturkan, meski ketinggian mencapai 100 Cm di 11 RT tersebut, akan tetapi masih banyak warga yang enggan dievakuasi. Sebab warga menilai banjir yang terjadi di lokasi itu akan cepat surut.

Oleh sebab itu, ia belum dapat menyimpulkan apakah para warga yang terdampak akan dilakukan evakusi atau tidak. Sedangkan BPBD dan Basarnas telah menyediakan dua perahu karet.

“Nah itu dia yang kita lagi tunggu juga nih, karena pengalaman kami ya mau setinggi apapun ada warga yang tidak mau mengungsi. Karena cepat surut. Ada 1 perahu karet dari Basarnas dan 1 perahu karet BPBD,” ujarnya.

Perihal penyebab terjadinya banjir, lanjut Yohan, bukan karena hujan yang terjadi lokasi tersebut. Akan tetapi karena luapan kali Mampang sehingga terjadi banjir di kawasan tersebut.

“Luapan kali Mampang. Genangan air itu muncul akibat limpahan dari Kali Mampang yang meluap,” tutupnya.