Nio Resmi Perkenalkan Mobil Listrik ET9, Mulai Dikirim Kuartal I 2025

JAKARTA- Nio resmi memperkenalkan mobil listrik ET9 pada acara Nio Day 2023, yang berlangsung di Xi'an, provinsi Shaanxi, China dan akan bersaing dengan Mercedes-Benz Maybach.

Sebelumnya, nama sedan listrik 'ET9' sudah bocor di Aplikasi Nio, dan tak lama perusahaan menghapusnya namun sudah banyak para pengguna aplikasi yang mengabadikan dan disebar ke media sosial.

Setelah proses pengenalan, CEO Nio, William Li mengumumkan bahwa mobil tersebut akan tersedia untuk masa pre order dengan harga 800.000 yuan, atau kisaran Rp1,7 miliaran, dan akan mulai dikirim pada kuartal pertama tahun 2025, dikutip dari Cnevpost, Minggu, 24 Desember.

Pada kesempatan tersebut Li menekankan bahwa ET9 hadir dengan teknologi yang mengesankan terbaru dari Nio, dan merupakan hasil investasi besar perusahaan dalam penelitian dan pengembangan selama beberapa tahun terakhir.

Tak hanya itu saja, model ini akan menjadi model pertama yang mengusung chip penggerak otonom Shenji berbasis proses 5nm milik Nio, yang menurut Li mampu menyaingi empat chip Nvidia Drive Orin, yang kini menjadi standar pada semua model berbasis NT 2.0 milik Nio.

Lebih detailnya, secara desain mobil ini memiliki tampilan yang futuristik terlihat dari beberapa sentuhan lekukan bodinya. Terlebih terdapat lampu yang memanjang pada bagian belakang yang disematkan logo Nio pada bagian tengah.

Masuk ke dalam kabin, dengan penawaran harga di atas Rp1 miliar, jenama asal China ini menawarkan kemewahan dan kenyamanan. Terdapat layar infotainment besar pada bagian depan, dan untuk kursi penumpang juga dihadirkan dua layar.

Sementara itu, Nio ET9 akan memiliki dua motor listrik, dimana bagian depan berupa motor asinkron induksi dengan daya 180 kW, dan bagian belakang berupa motor sinkron magnet permanen dengan daya 340 kW, output gabungan mencapai 679 hp.