Kereta Ekspres Detektif Conan Luncurkan Tampilan Baru di Stasiun Prefektur Tottori

JAKARTA - Sebuah kereta ekspres yang dihiasi dengan karakter dari serial manga Detektif Conan, melakukan keberangkatan pertamanya dengan tampilan baru dari sebuah stasiun di Prefektur Tottori, Jepang barat awal bulan ini.

Kereta Detektif Super Hakuto Conan Ver. tujuan Kyoto berangkat dari Stasiun Kurayoshi di pusat Prefektur Tottori, wilayah yang merupakan rumah bagi seniman manga dan pencipta serial Detektif Conan, Gosho Aoyama.

Baik interior maupun eksterior semua gerbong kereta Limited Express Super Hakuto, yang dioperasikan oleh Chizu Express Co., Ltd., bersama dengan West Japan Railway Company (JR West), telah dihiasi dengan gambar karakter dan karya seni dari manga yang mengikuti petualangan detektif anak jenius Conan Edogawa.

Kereta dengan tampilan baru ini merupakan upaya terbaru, dari wilayah yang merangkul hubungannya dengan Aoyama dan karya-karyanya sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan pariwisata anime.

Kampung halaman Aoyama di Hokuei, menampilkan pameran yang merayakan kehidupan dan karya seniman, termasuk gambar asli yang hanya dapat dilihat di pabrik Gosho Aoyama Manga Factory, dijadwalkan untuk direnovasi pada tahun 2027. Fasilitas ini berada dalam jarak berjalan kaki dari Stasiun Yura yang pada tahun 2013 mengadopsi julukan Stasiun Conan.

Peluncuran tampilan baru kereta ekspres Detektif Conan. (Sumber: City-Cost)

Pada tahun 2015 sebuah bandara di Kota Tottori berganti nama menjadi Bandara Tottori Sand Dunes Conan untuk menyoroti hubungan wilayah tersebut dengan manga serta bukit pasir di dekatnya, yang merupakan tujuan wisata populer.

Detektif Conan karya Aoyama telah diserialkan di Weekly Shonen Sunday sejak tahun 1994. Penjualan komik seri Detektif Conan telah mencapai 270 juta di seluruh dunia.

"Saya terkejut sekaligus merasa terhormat melihat kereta ekspres Super Hakuto yang menghubungkan Keihanshin, Tottori, dan Kurayoshi, dihiasi dengan Detektif Conan. Saya berharap kereta dapat terus dicintai oleh kita semua selamanya," kata Aoyama (60) dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Kyodo News 20 Desember.

Interior kereta ekspres Detektif Conan. (Sumber: City-Cost)

Menariknya, peluncuran tampilan terbaru kereta ini menarik para pecinta anime Conan dan kereta untuk datang ke stasiun peluncuran meski cuacara dingin dan lembab.

"Saya sangat menantikannya," kata Hayato Nagata (6), penggemar anime Conan yang datang bersama orangtuanya.

"Menurut saya pengumumannya keren," sambungnya, mengacu pada pengumuman di dalam kereta yang disampaikan dalam bahasa asing termasuk Inggris dan China.

Detektif Super Hakuto Conan Ver. melayani rute stasiun Kurayoshi dan Tottori, di Prefektur Tottori, serta stasiun di wilayah Keihanshin termasuk Sannomiya, Osaka dan Kyoto.

Kereta dijadwalkan berangkat hampir setiap hari dengan jadwal sekarang tersedia untuk bulan Desember dan Januari. Chizu Express berencana untuk mempublikasikan jadwal berikutnya setidaknya satu bulan sebelumnya. Pembelian tiket kursi kereta api dapat dilakukan mulai satu bulan sebelum tanggal keberangkatan, hingga saat keberangkatan.

Layanan Super Hakuto ini menawarkan satu-satunya koneksi kereta ekspres langsung antara Tottori dan wilayah Keihanshin Jepang, yang mencakup Kota Kyoto, Kobe dan Osaka yang menjadi tuan rumah gelaran World Expo 2025.

"Hari ini menandai keberangkatan kereta Detektif Conan dan pameran akan segera dibuka di Osaka. Kami berharap banyak orang yang menaiki kereta yang menghubungkan kedua wilayah ini dan datang ke sini untuk merasakan onsen, pemandangan kota bersejarah, dan makanan lezat," kata Gubernur Tottori Shinji Hirai.

"Kami memperkirakan dampak ekonominya akan besar dan signifikan," tambahnya.