Awas! Bahaya Bawa Barang Terlalu Berat di Roofbox saat Perjalan Jauh

YOGYAKARTA - Banyak pemilik mobil yang menggunakan roofbox untuk membawa barang bawaan saat perjalanan jauh. Namun terkadang barang yang dimasukkan ke dalam roofbox terlalu banyak atau berlebihan. Padahal sangat berbahaya bawa barang terlalu berat di roofbox. 

Adanya roofbox memang sangat membantu ketika Anda ingin melakukan perjalanan dengan membawa banyak barang. Namun Anda perlu memperhatikan tata cara pemakaian roofbox di mobil. Salah satunya adalah jenis barang yang dibawa dan berat barang bawaan tersebut. 

Meskipun ada roofbox yang berkapasitas besar, namun tidak sembarangan barang bawaan bisa ditaruh di roofbox. Anda perlu tahu bahaya bawa barang terlalu berat di roofbox demi keamanan saat melakukan perjalanan dengan mobil. 

Bahaya Bawa Barang Terlalu Berat di Roofbox

Pemilik mobil wajib memperhatikan berat barang bawaan yang akan diletakkan di roofbox saat perjalanan. Dianjurkan untuk menaruh barang bawaan yang ringan dan bukan barang konsumsi. 

Pastikan barang yang ditaruh di roofbox tidak melebihi spesifikasi kemampuan roofbox yang dipakai. Mengapa tidak boleh membawa barang terlalu berat di roofbox? Barang yang beratnya melebihi muatan roofbox bisa menambah titik center of gravity. 

Adanya beban terlalu berat di bagian atas mobil berpotensi membuat mobil jadi limbung ketika melaju. Penambah tinggi mobil yang disertai beban di atas ini dapat menyebabkan manuver mobil lebih terasa terlempar, sehingga membahayakan kestabilan pengendalian. 

Tips Aman Membawa Barang Bawaan di Roofbox

Ketika Anda melakukan perjalanan bersama keluarga ke tempat yang jauh, entah liburan atau pulang kampung, pastinya akan membawa banyak barang. Anda bisa memanfaatkan roofbox yang dipasang di atas mobil untuk menaruh barang-barang bawaan. 

Namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar bisa menyimpan barang bawaan secara aman di roofbox. Berikut ini beberapa tips aman membawa barang bawaan di roofbox yang perlu Anda terapkan:

Mengenali Kemampuan Tampungan Roofbox

Pemilik mobil harus memperhatikan kemampuan tampungan dan kapasitas roofbox. Anda perlu tahu risiko membawa barang terlalu berat di roofbox. Meskipun kotak penyimpanan ini didesain untuk menambah kapasitas muatan, namun bukan berarti Anda boleh sembarangan menaruh barang-barang. 

Taruh Barang yang Ringan dan Bukan Konsumsi

Saat ingin menyimpan barang-barang di roofbox, sebaiknya pilih barang dengan kategori ringan. Selain itu, hindari membawa barang konsumsi di roofbox. Kotak penyimpanan ini lebih cocok diisi dengan perlengkapan seperti pakaian ganti, peralatan tambahan, atau barang-barang yang tidak akan digunakan selama perjalanan. 

Hindari Membawa Barang Melebihi Kapasitas Roofbox

Seperti pada poin sebelumnya, pemilik mobil harus memperhatikan spesifikasi dan kapasitas maksimal dari roofbox. Penting bagi Anda untuk mematuhi aturan batas berat maksimal untuk barang-barang yang akan ditaruh di roofbox. 

Hindari membawa barang dengan berat dan ukuran melebihi kapasitas roofbox. Pembawaan barang terlalu berat atau berlebihan bisa mengubah titik pusat gravitasi, yang mana ini menimbulkan risiko kecelakaan saat di perjalanan. 

Memperhatikan Kestabilan Mobil

Membawa alat tambahan atau barang-barang di atas mobil bisa mempengaruhi kestabilan mobil. Jadi Anda juga perlu menyesuaikan seberapa banyak barang yang akan diletakkan di roofbox dan jangan sampai mengganggu kestabilan mobil. Jadi selain memperhatikan bobot bawaan, Anda juga harus memperhitungkan tinggi tambahan dari roofbox yang dipasang. 

Demikianlah ulasan mengenai bahaya bawa barang terlalu berat di roofbox mobil. Membawa barang yang melebihi kapasitas roofbox dapat mengganggu kenyamanan berkendara hingga berisiko menyebabkan kecelakaan. Baca juga tips aman dan nyaman berkendara selama perjalanan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.