Ganti Ban Mobil Beda Merek, Apakah Aman?

YOGYAKARTA - Idealnya pemilik mobil melakukan penggantian ban secara langsung empat unit sekaligus. Namun dalam beberapa kondisi, penggantian ban bisa saja hanya pada satu atau dua ban saja. Terkadang ban yang digunakan juga dari merek yang berbeda. Lantas aman nggak ganti ban mobil beda merek?

Ban mobil memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara, sehingga pemilihan ban perlu dipertimbangkan sebaik mungkin. Pemilik mobil disarankan untuk mengganti ban seluruh unit dengan merek yang sama. Meski demikian ada juga yang mengganti ban dengan merek yang berbeda. 

Banyak pemilik mobil yang bertanya-tanya apakah ganti ban mobil beda merek bisa berisiko atau tidak?

Amankah Mengganti Ban Mobil Beda Merek?

Pemilihan ban mobil tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena harus disesuaikan dengan kebutuhan mobil atau cara berkendara. Di samping itu, masing-masing ban juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda baik dari segi bahan, ukuran, hingga ulirnya. 

Agar kinerja ban mobil bisa berjalan ideal, pemilik mobil disarankan untuk menggunakan ban dengan merek yang sama. Jika Anda terpaksa menggunakan ban dengan merek berbeda, maka setidaknya ukuran dan rating ban harus sama. 

Jadi Anda boleh saja menggunakan ban mobil belakang dan ban depan beda merek, namun pastikan memiliki ukuran yang sama. Penerapan ini juga perbedaan merek pada ban kanan dan kiri baik ban depan maupun belakang. 

Syarat Boleh Menggunakan Ban Mobil Beda Merek

Jika Anda ingin mengganti ban mobil beda merek, berikut ini beberapa syarat atau kriteria yang perlu Anda tahu demi keamanan dan kenyamanan mengemudi:

Ban Berukuran Sama

Pemakaian ban mobil dengan ukuran yang berbeda tidak disarankan karena bisa menimbulkan risiko berbahaya. Ukuran ban yang berbeda akan membuat mobil menjadi timpang dan sulit dikendalikan. Jadi apabila Anda ingin menggunakan ban mobil beda merek, pastikan ban yang digunakan dari merek yang sama.

Jenis Ban Sama

Syarat selanjutnya untuk penggunaan ban mobil beda merek adalah pada jenisnya. Anda diperbolehkan memakai ban beda merek asalkan ban yang digunakan memiliki jenis yang sama. 

Misalnya mobil Anda jenis city car yang harus menggunakan ban khusus untuk city car. Hindari menggunakan ban beda merek yang jenisnya juga berbeda, sebab setiap jenis ban memiliki fungsi yang berbeda. 

Dipasang pada Satu Poros

Penggunaan ban mobil beda merek juga diperboleh asalkan dipasang pada satu poros. Artinya satu poros ban tidak boleh dipasangi dengan ban yang mereknya berbeda. Apabila ban kanan pada poros depan memakai merek A, maka ban sebelah kiri poros depan juga harus menggunakan merek A.

Jangan pasang ban beda merek pada satu poros, seperti ban kanan merek A pada poros depan dan ban kiri merek B pada poros kiri. Pemasangan ban beda merek pada satu poros akan membuat mobil menjadi tidak seimbang. 

Ketika ban yang sudah lama dan sudah aus dipasangkan dengan ban baru, maka bisa membuat laju mobil menjadi timpang. Selain mengganggu kenyamanan, kondisi ini tentunya sangat berisiko membahayakan keselamatan pengemudi. 

Ban dengan Rasio dan Performa Bagus Dipasang di Belakang

Penggunaan ban belakang harus memakai ban yang memiliki rasio dan performa lebih bagus dibandingkan ban depan. Jadi apabila Anda cuma mengganti dua ban saja, maka bar yang baru sebaiknya dipakai di belakang. 

Demikianlah ulasan mengenai apakah aman ganti ban beda merek. Penggunaan ban mobil berbeda merek diperbolehkan asalkan Anda memperhatikan sejumlah persyaratan di atas. Baca juga artikel cara membaca kode ban mobil

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.